Empat Paslon Cabut Nomor Urut Untuk Pilgub Sumbar

Metro-132 hit 24-09-2020 23:05
Empat paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar memperlihatkan nomor urut yang akan mereka gunakan dalam kontestasi Pilgub Sumbar pada 9 Desember mendatang, Kamis (24/9). (Foto : Amz)
Empat paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar memperlihatkan nomor urut yang akan mereka gunakan dalam kontestasi Pilgub Sumbar pada 9 Desember mendatang, Kamis (24/9). (Foto : Amz)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Tahapan pengundian nomor urut calon yang dilaksanakan KPU Sumbar di Hotel Grand Inna Padang, Kamis (24/9) berjalan ketat.

Jumlah undangan yang bisa masuk ke dalam ruangan acara pengundian dibatasi. Selain lima Komisioner KPU dan sejumlah staf, serta beberapa anggotan Bawaslu Sumbar, juga yang bisa masuk ke dalam ruangan acara cuma para paslon dan satu orang petugas penghubung.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen cukup memaklumi ada rasa kekecewaan sejumlah pengurus partai politik pengusung calon yang tidak bisa masuk ruangan acara.

Baca Juga

"Sebab pelaksanaan tahapan pengundian nomor urut paslon kali ini merujuk pada aturan baru yang dikeluarkan KPU RI yakni PKPU No.13/2020," kata Amnasmen kepada Arunala.com seusai acara pengundian nomor urut tersebut.

Dia menyebutkan, PKPU No.13/2020 yang diterima pihaknya itu baru dikeluarkan KPU RI pada Rabu malam (23/9). Kemudian hal itu segera ditindaklanjuti dengan mengirimkan aturan baru itu pada masing-masing paslon.

Amnasmen menerangkan dalam PKPU yang baru itu mewajibkan untuk kegiatan pengundian nomor urut itu hanya dihadir paslon, satu orang LO dan anggota Bawaslu.

Dan dia tidak menampik adanya rasa kekecewaan partai politik atas rapat pleno terbuka yang dilakukan KPU Sumbar itu.

"Apa yang dirasakan parpol itu dapat saya maklumi, karena tradisi dalam proses pengundian nomor urut ini kan cukup ramai dihadiri baik dari partai, tim kampanye maupun pendukung paslon," terang ketua KPU Sumbar ini.

Biasanya, imbuh Amnasmen, tahapan seperti ini akan terasa cukup riuh karena sorak-sorai dari kubu masing-masing paslon.

"Namun untuk hari ini, di tengah pendemo Covid-19 ini, justru hal seperti itu dibatasi," tukas dia.

Menyangkut proses pengundian nomor urut, Amnasmen mengaku berjalan lancar dan aman.

"Semuanya ada empat paslon yang ikut, dan Alhamdulillah tadi proses ini berjalan lancar," sebut Amnasmen.

Dia menerangkan dalam pengundian nomor urut itu, Paslon Mulyadi-Ali Mukhni dapat nomor 1, lalu paslon Nasrul Abit-Indra Catri dapat nomor urut 2. Kemudian Paslon Fakhrizal-Genius Umar untuk nomor urut 3, selanjutnya Paslon Mahyeldi-Audy Joinaldy mendapat nomor urut 4.

Hal lainnya, Amnasmen menyebutkan proses pengundian nomor urut calon tidak hanya untuk paslon gubernur dan wakil gubernur saja.

Bagi KPU kabupaten kota di Sumbar yang pilkada serentak di tahun ini juga melakukan hal yang sama, hanya waktu pelaksanaannya saja yang beda, siang sore dan malam

"Namun dapat dipastikan, pengundian nomor urut calon itu berlangsung Kamis ini seluruhnya," tukas Amnasmen.

Sebelumnya, pelaksanaan pengundian nomor urut paslon itu sempat membuat pengurus partai politik pengusung calon kecewa.

Pasalnya mereka tidak dapat masuk ke ruangan tempat proses pengundian nomor urut itu berlangsung.

Komentar