Tak Sediakan Tempat Cuci Tangan, Tempat Usaha Terancam Ditutup

Metro-92 hit 06-10-2020 19:20
Petugas Satpol PP Kota Padang saat memantau salah satu pusat perbelanjaan di Kota Padang, Selasa (6/10). (Foto : Can)
Petugas Satpol PP Kota Padang saat memantau salah satu pusat perbelanjaan di Kota Padang, Selasa (6/10). (Foto : Can)

Penulis: Can | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Sejumlah tempat usaha di Kota Padang akan diberikan tindakan tegas jika tidak menyediakan tempat cuci tangan bagi pengunjungnya.

Sebelum sanksi diberlakukan, lebih Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) akan memberikan teguran.

"Jika sanksi bentuk teguran tidak diindahkan, kepada pemilik usaha akan diberikan tindakan tegas," ujar Kasat Pol PP Padang, Alfiadi, Selasa (6/10).

Sejumlah tempat usaha yang ditemukan, kata dia, kebanyakan memang telah memiliki tempat cuci, namun airnya tidak ada. Kemudian ada air tapi tempat pembuangan air tesebut tidak ada.

Lanjut dia, ada yang menyediakan dan tempat pembuangan, namun pemilik usaha tersebut tidak menyediakan air. "Artinya, tidak lengkap," terang Alfiadi saat mendatangi sejumlah tempat usaha di Padang bersama dengan pejabat Struktural.

Ditambahkannya, dengan keadaan yang ditemukan dilapangan, kepada pemilik usaha agar bisa melengkapi tempat cuci tangan seperti air yang bersih langsung tempat pembuangannya dan terpenting adalah sabun.

"Kami mohon agar dilengkapi dalam rangka penerapan protokol kesehatan. Jika masih didapati toko tidak menyediakan tempat cuci tangan akan diberikan sanksi berupa penutupan hingga pencabutan surat izin usaha," sebutnya lagi.

Alfiadi menjelaskannya, mata rantai penyebaran virus tidak akan putus jika tidak ada kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat, baik perorangan maupun tempat-tempat usaha.

"Jadi, diimbau semua kalangan masyarakat, mari berperan aktif untuk penerapan protokol kesehatan ini. Kepada pemilik usaha supaya menyediakan tempat cuci tangan serta handsanitizer," pungkas Alfiadi.

Komentar