Tiap Tahun Upgrade Kemampuan PPID

Metro-47 hit 09-10-2020 14:09
Tim Visitasi KI Sumbar disambut Asisten III Pemko Bukittinggi Zet Buyung dan Kadis Kominfo bersama jajaran, di Balaikota Bukittinggi, Kamis (8/10).  (Dok: Ppid-kisb)
Tim Visitasi KI Sumbar disambut Asisten III Pemko Bukittinggi Zet Buyung dan Kadis Kominfo bersama jajaran, di Balaikota Bukittinggi, Kamis (8/10). (Dok: Ppid-kisb)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Bukittinggi, Arunala -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi yang identik sebagai kota wisata, terus berbenah menata kotanya, termasuk juga dalam hal keterbukaan informasi publik.

Bahkan dalam memperkuat dan optimalisasi penyelenggaraan keterbukaan informasi publik itu, Pemko Bukittinggi tiap tahun meng-upgrade informasi publik pada PPID Utamanya.

"Komitmen pemko sudah jelas, yakni total untuk keterbukaan informasi publik, dan bertekad menjadi "Jam Gadang" Informasi Publik di Sumbar," ujar Kepala Dinas Kominfo sekaligus PPID Utama Pemko Bukittinggi Novri, saat menerima tim visitasi KI Sumbar, di Kota Bukittinggi, Kamis (8/10).

Baca Juga

Adapun tim visitasi KI Sumbar yang berkunjung ke tempat Novri, yakni Wakil Ketua KI Sumbar, Adirian Tuswandi, Arif Yumardi dan verifikator Kiki Saputra.

Sebelum tim KI Sumbar juga disambut Asisten III Pemko Bukittinggi Zet Buyung di hari yang sama.

Novri memastikan penilaian dan anugerah tahun ini adalah kedua bagi PPID Utama Kota Bukittinggi. Hadirnya tim KI Sumbar menjadi tantangan dan harapan dalam mensupervisi pelayanan prima pengelolaan informasi publik bagi kota itu.

"PPID Utama dalam mengelola keterbukaan informasi publik di Bukittinggi dibekali sejumlah regulasi, mulai Perwako hingga Peraturan Kadis Kominfo termasuk upgrading Daftar Informasi Publik dan punya tujuh SOP pelayanan informasi publik sesuai Permendagri 17/2017,"ujar Novri lagi.

Kabid IKP Bukittinggi, Hidayat menambahkan, pihaknya juga memberikan akses bagi tiap permohonan informasi. Itu bisa mereka lakukan melalui website PPID Bukittinggi. Hahkan untuk legal standing pemohon ter-conecting dengan data Disdukcapil.

"Bagi warga ber- KTP Bukittinggi bisa langsung mengakses website kami, namun bagi pemohon di luar Bukittinggi ada form manual yang harus di isi," sebut Hidayat.

Sementara itu, Komisioner KI Sumbar, Arif Yumardi mengparesiasi website PPID Kota Bukittinggi yang bisa memberikan pelayanan mudah kepada masyarakat.

"Sangat simpel dan punya informasi yang dibutuhkan publik. Ini menunjukkan adanya rangka penguatan keterbukaan informasi publik di Kota Bukittinggi," ujar Arif.

Wakil Ketua KI Sumbar, Adrian Tuswandi mengatakan website sebagai media yang tepat dalam memberika akses informasi publik, terlebih di saat wabah pandemi sekarang.

"Masyarakat cukup buka website-nya maka akan terpenuhi keinginan informasi publik," ujar Adrian.

Komentar