268 Mahasiswa UNU Sumbar Ikuti PKKBM 2020

Edukasi-239 hit 10-10-2020 19:42
Mahasiswa baru UNU Sumbar bersama badan pengelola dan civitas akademika UNU Sumbar seusai pembukaan PKKBM 2020 secara daring, di UNP Hotel Convention, Sabtu (10/10). (Foto : Amz)
Mahasiswa baru UNU Sumbar bersama badan pengelola dan civitas akademika UNU Sumbar seusai pembukaan PKKBM 2020 secara daring, di UNP Hotel Convention, Sabtu (10/10). (Foto : Amz)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala -- Sebanyak 268 mahasiswa baru Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat (Sumbar) ikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKBM) tahun akademik 2020/2021.

Kegiatan PKKMB ini diadakan pihak kampus secara virtual (daring) di UNP Hotel Convention, Sabtu (10/10), dibuka oleh Ketua Pengelola dan Penyelenggaran UNU Sumbar yang juga Rektor UNP Padang, Ganefri.

Turut hadir dalam pembukaan PKKBM 2020/2021 itu, Pembina Badan Pelaksana dan Penyelenggara UNU Sumbar, Buya KH Zainal, Wakil Rektor (Warek) I UNU Sumbar Basrial Zuhri, Warek II Irwandi, Warek III Firdaus Djafri dan para dekan dan civitas UNU Sumbar.

Baca Juga

Ganefri dalam kesempatan itu menyebutkan mahasiswa baru UNU Sumbar ini hendaknya bisa menyesuaikan kondisi perkuliahan dengan situasi pandemi Covid-19 ini.

"Hari ini, kita hidup di tengah-tengah pandemi, sehingga tidak bisa hadir di ruang perkuliahan secara tatap muka, jadi perkuliahan dilakukan secara daring kepada mahasiswa," kata Ganefri kepada Arunala.com seusai pembukaan PKKBM itu.

Untuk diketahui, terang Ganefri, virus corona tidak bisa dianggap main-main. Karena tidak ada satu pihak pun yang bisa memastikan kapan pandemi ini berakhir.

"Artinya kita hidup berdampingan dengan corona, tapi jangan bersentuhan dengan virus ini. Bagaimana caranya? ya harus taat protokol kesehatan. Itu yang perlu dipahami dan dipatuhi para mahasiswa baru UNU Sumbar ini," tukas Ganefri lagi.

Menyadari tidak bisa hadirnya para mahasiswa untuk kuliah di kampus, maka sebut dia, pihak kampus berjanji akan memberikan layanan terbaik kepada para mahasiswa mereka.

Caranya, sebut Ganefri, dengan memanfaatkan kerjasama yang sudah ada antara UNP dengan UNU Sumbar. Bantuannya seperti penyusunan platform pendidikan yang berbasis i-learning, Labor untuk pratikum dan juga sekolah labor yang dimilik UNP untuk mahasiswa UNU Sumbar yang ambil prodi pendidikan.

Sedangkan Wakil Rektor I UNU Sumbar Basrial Zuhri menyebutkan kegiatan PKKBM merupakan program wajib diikuti seluruh mahasiswa baru.

Dan kegiatan ini untuk memperkenalkan dan mempersiapkan para mahasiswa baru berproses menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan kampus.

"Jumlah mahasiswa baru yang ikut PKKBM tahun ini sebanyak 268 orang yang berasal dari berbagai daerah di Sumbar bahkan ada dari provinsi lain di Sumatera," kata Basrial.

Namun, ujar dia, dengan kondisi pandemi ini PKKBM dilaksanakan secara daring kepada mahasiswa baru. Ini berlangsung sampai adanya ketetapan pemerintah kapan kuliah tatap muka dimulai.

Perkuliah secara daring ini, jelas Basrial, tidak hanya diberikan pada mahasiswa baru saja, tapi juga bagi mahasiswa tahun sebelumnya.

Kedepan, tambahnya, UNU Sumbar akan berusaha untuk meningktkan kualitas mahasiswa, karena saat ini UNU Sumbar dapat dukungan dari ketua badan pengelola dan penyelanggara UNU Sumbar. Untuk itu saya yakin bisa meningkatkan kualitas kampus ini lebih maju.

"Mahasiswa baru yang ikut PKKBM kali ini berasal dari 10 program studi (prodi), dan tiga fakultas yakni Fakultas Sosial dan Humaniora, Fakultas Teknik dan Fakultas Teknologi Kelautan dan Perikanan," kata Basrial Zuhri.

Komentar