Warga Minta Indra Catri Bangun Rumah Singgah bagi Orang Gangguan Jiwa

Metro-31 hit 03-11-2020 06:37
Indra Catri saat tatap muka dengan masyarakat Gates Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Minggu (1/11). (Dok : Istimewa)
Indra Catri saat tatap muka dengan masyarakat Gates Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Minggu (1/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Dalam setiap kunjungan Indra Catri ke tengah masyarakat, selalu ada orang yang menitipkan harapan kepadanya. Sepertinya, masyarakat percaya bila harapannya akan terwujud.

Dalam salah satu kunjungan Indra Catri, seorang warga memintanya membangun rumah singgah untuk orang gangguan jiwa.

"Orang yang akan gila maupun sudah gila di Padang ini banyak, Pak, sementara fasilitas untuk menampung mereka, seperti rumah singgah, tak ada," ujar Wati, penggiat sosial.

Baca Juga

Ia menyampaikan aspirasi itu ketika Indra Catri babarito dengan warga Padang dari berbagai organisasi di Rumah Makan Fajar Surya, Kelurahan Gates, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Minggu (1/11).

Atas dasar kemanusiaan itulah, Wati ingin calon pemimpin di Sumbar punya perhatian lebih kepada orang dengan gangguan jiwa (OGDJ). Ia juga ingin pemerintah menyediakan fasilitas kesehatan yang lebih baik untuk OGDJ.

"Kami juga berharap porsi anggaran dan untuk penanganan OGDJ ditingkatkan sehingga penanganan bisa berjalan maksimal," tuturnya.

Sehubungan dengan hal itu, Indra Catri mengungkapkan dia sangat memperhatikan masalah sosial dan pekerja sosial. Di Agam, ia memberi pekerja sosial keistimewaan.

"Buktinya Kantor Tenaga Sosial di Agam berada di rumah dinas bupati," kata Bupati Agam yang sedang cuti pilkada itu. Indra Catri menceritakan dirinya pernah menjadikan rumah orang tuanya sebagai rumah singgah OGDJ.

"Awalnya banyak warga yang bertanya atas apa yang saya lakukan itu. Tapi saya jelaskan kalau bukan saya siapa lagi yang merawat OGDJ," ucapnya.

Menurutnya, persoalan OGDJ sangat krusial dan harus dicarikan solusinya. Jika tidak diselesaikan, masalah tersebut bisa salah penanganan, misalnya memasung OGDJ.

"Ini tidak boleh terjadi. Jangan sampai mereka dipasung. In Syaa Allah kalau NA-IC menang, kami akan bangun rumah singgah OGDJ," katanya.

Komentar