Yanuk Sri Mulyani jadi Ketua KPU Sumbar

Metro-184 hit 09-11-2020 20:00
Yanuk Sri Mulyani Jabat Ketua KPU Sumbar (Dok : Istimewa)
Yanuk Sri Mulyani Jabat Ketua KPU Sumbar (Dok : Istimewa)

Penulis: Can

Padang, Arunala -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar kini memiliki ketua baru, yakni Yanuk Sri Mulyani. Mantan ketua KPU Dharmasraya itu terpilih secara aklamasi jadi ketua KPU Sumbar yang baru.

"Berdasarkan hasil rapat pleno, Senin sore (9/11), rupanya rekan-rekan di KPU memberikan amanah sebagai Ketua KPU Sumbar yang definitive kepada saya," kata Yanuk Sri Mulyani kepada Arunala.com seusai rapat pleno tertutup hari itu.

Terjadinya pergantian jabatan Ketua KPU Sumbar, setelah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengeluarkan putusan memberhentikan Amnasmen sebagai ketua KPU Sumbar pada Rabu (4/11) lalu.

Baca Juga

Pergantian tampuk pimpinan di KPU Sumbar itu dikarenakan adanya pengaduan yang diadukan oleh bakal pasangan calon (bapaslon) gubernur dan wakil gubernur jalur peseorangan Fakhrizal-Genius Umar.

Guna menghindari kekosongan jabatan ketua, maka ditunjuk Gebril Daulai sebagai Plt ketua jelang adanya pemilihan ketua definitif.

Yanuk menerangkan, sesuai regulasi yang ada, KPU Sumbar menindaklanjuti dari keputusan KPU RI, atas adanyan putusan DKPP sebelumnya, dan setelah Ketua diganti, lalu menunjuk Gebril Daulai sebagai Plt ketua KPU

"Setelah penunjukan Plt tiga hari lalu, maka Senin (11/9) KPU Sumbar sudah menetapkan saya sebagai ketua KPU Sumbar yang baru. Itu atas kesepakatan teman-teman komisioner," kata Yanuk.

Terpilihnya Yanuk sebagai Ketua KPU Sumbar membuat perubahan di beberapa pada posisi koordinaor divisi (Kordiv) di KPU Sumbar.

Saat ini Yanuk menjabat sebagai ketua sekaligus di Kordiv Keuangan Umum dan Logistik, sementara Amnasmen menjadi Kordiv Hukum. Untuk Gebril Daulai kini menempati Kordiv Teknis menggantikan Izwaryani yang saat ini menjadi Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.Sementara untuk Kordiv Data dan Informasi tetap Nova Indra.

Komentar