KPU Sumbar Gelar Dua Kali Debat Calon

Metro-328 hit 11-11-2020 21:26
Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulai (Dok : Istimewa)
Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulai (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar mengagendakan debat publik bagi pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dilaksanakan sebanyak dua kali.

Dalam dua kali pelaksanaan debat itu, KPU mengaku akan memberikan tema berbeda yang sudah disiapkan beberapa orang tim penyusun materi debat.

"Untuk debat calon gubernur dan wakil gubernur nanti akan dilaksanakan sebanyak dua kali. Pertama pada tanggal 23 November dan 3 Desember 2020. Dan debat calon akan disiarkan secara langsung (live) oleh stasiun televisi Nasional dan TV Lokal," kata Komisioner KPU Sumbar sekaligus Koordinator Divisi (Kordiv) Teknis, Gebril Daulai kepada Arunala.com di kantor KPU Sumbar, Rabu siang (11/11).

Baca Juga

Dalam debat calon nanti, jelas Gebril, sistem atau teknis debatnya tidak ada perbedaan dari debat calon pada pilgub Sumbar sebelumnya.

"Pada debat kali ini, akan dipandu seorang moderator yang akan memberikan sejumlah pertanyaan kepada masing-masing paslon, berdasarkan pertanyaan yang telah disusun tim penyusun materi debat yang terdiri dari akademisi,profesional dan masyarakat yang dibentuk KPU Sumbar," kata Gebril.

Sedangkan lama waktu pelaksanaan debat yang dibutuhkan KPU Sumbar yakni durasinya 120 menit untuk masing-masing debat. Tiap debat dibagi dalam enam sesi.

Perlu untuk diingat, terang Gebril, pelaksanaan debat yang diadakan KPU Sumbar ini harus mengikui protokol kesehatan.

"Artinya di sini yang boleh masuk ke dalam tempat debat itu akan dibatasi orangnya. Selain empat paslon, juga dua orang Anggota Bawaslu Sumbar, lima orang komisioner KPU Sumbar, empat orang tim kampanye dari masing-masing paslon lalu crew TV dan Radio yang bertugas menyiarkan siaran debat," kata Gebril Daulai.

Komentar