Ilham Pastikan TPS Bisa Diakses Kelompok Disabilitas

Metro-141 hit 25-11-2020 20:29
Komisioner KPU RI Ilham Saputra saat menjawab pertanyaan wartawan terkait keluhan kelompok Disabilitas di Pilkada Serentak 2020 di Sumbar, Rabu (25/11). (Dok : Istimewa)
Komisioner KPU RI Ilham Saputra saat menjawab pertanyaan wartawan terkait keluhan kelompok Disabilitas di Pilkada Serentak 2020 di Sumbar, Rabu (25/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Menjawab keluhan kelompok Disabilitas di Sumbar terkait aksesibilitas saat milih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pilkada serentak 2020 ini, direspon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra.

Ilham mengatakan selama ini kebutuhan pemilih disabilitas cukup terabaikan dan ini coba diperbaiki saat ini di Pilkada Sumbar.

"Dalam Pilkada serentak Sumbar 2020 pada 9 Desember nanti, TPS dapat diakses oleh penyandang Disabitilitas. Sesuai regulasi yang ada KPPS diminta agar sesuaikan keberadaan TPS dengan kebutuhan dan tidak mempersulit akses penyandang Disabilitas," ungkap Ilham Saputra kepada wartawan di sela-sela sosialisasi Pilkada serentak 2020 dengan kelompok Disabilitas yang tergabung dalam Perhimpunan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sumbar, di Padang, Rabu (25/11)

Baca Juga

Dia menerangkan penyesuaian TPS bagi kelompok Disabilitas itu mulai dari tinggi bilik suara, lokasi tidak berbatu, berumput dan tingkat kemiringan tinggi yang menyulitkan penyandang Disabilitas.

Disamping itu, dia juga meminta agar PPDI Sumbar juga melakukan sosialisasi pungut hitung suara Pilkada serentak ini kepada penyandang Disabiltas yang lain.

"Juga diminta, ingatkan ketika petugas datang agar meminta didaftarkan," katanya.

Sementara itu Ketua PPDI Sumbar Ucok Baba mengatakan banyak dari penyandang Disabilitas di Sumbar yang tidak terdata sebagai pemilih.

"Ada 32 ribu lebih penyandang Disabilitas di Sumbar, namun yang terdaftar sebagai pilih di Pilkada serentak 2020 ini sebanyak 11.884 pemilih," kata Ucok.

Namun dirinya berpikiran positif saja atas masih banyaknya penyandang Disabilitas itu yang tidak masuk sebagai pemilih kali ini.

"Mungkin ada kendala di lapangan seperti tidak memiliki KTP dan lainnya," kata dia lagi.

Terkait sosialisasi Pilkada serentak 2020 yang diberikan KPU Sumbar kepada kelompok Disabilitas, Ucok mengaku dirinya selalu dilibatkan, misalnya melakukan kunjungan ke TPS memastikan dapat diakses penyandang Disabilitas.

"Intinya KPU Sumbar sangat peduli dan perhatian akses bagi penyandang disabilitas," kata Ucok.

Komentar