Pengumpulan Zakat Ditarget Mencapai Rp162 Miliar

Ekonomi-66 hit 26-11-2020 19:41
Ketua Baznas Sumbar, Syamsul Bahri Khatib seusai rakor bersama Baznaz se kabupaten kota di Hotel Axana, Kamis (26/11). (Dok : Istimewa)
Ketua Baznas Sumbar, Syamsul Bahri Khatib seusai rakor bersama Baznaz se kabupaten kota di Hotel Axana, Kamis (26/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar, Syamsul Bahri Khatib menyatakan animo masyarakat untuk berzakat dalam masa pandemi masih tinggi. Hal ini terbukti dengan naiknya persentase pengumpulan zakat kabupaten kota.

Ini diungkapkan Syamsul Bahri pasca-pengesahan Rancangan Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) Tahun 2021 Baznas Sumbar, pada rapat koordinasi daerah Baznas se-Sumbar di Axana Hotel, Kamis (26/11).

"Alhamdulilah, walaupun dalam masa pandemic, namun antusias masyarakat menunaikan zakat sangat tinggi, walau diakui muzakki terbanyak masih dari kalangan PNS," ujar Syamsul Bahri.

Baca Juga

Menyinggung rakor daerah tentang rancangan kerja dan anggaran tahunan yang telah disahkan itu, Syamsul Bahri menyebutkan ini merupakan dokumen yang akan dijadikan panduan pengelolaan Baznas selama satu tahun anggaran.

"RKAT Baznas 2021 itu nanti sesuai dengan programnya akan difokuskan pada lima bidang, yakni kemanusiaan, pendidikan, ekonomi, kesehatan, advokasi dan dakwah, akan tetapi lebih difokuskan pada bidang kemanusiaan," ucapnya.

Ditambahkan Syamsul untuk 2021, target Baznas dalam pengumpulan zakat se-Sumbar diperkirakan mampu mencapai Rp162 miliar.

Sekretaris Baznas Sumbar Mulyadi berharap agar kepada Pemprov Sumbar, pemkab dan pemko untuk mensosialisasikan keberadaan Baznas di tengah-tengah masyarakat.

"Kami harap adanya peran pemerintah dan tokoh masyarakat mensosialisasikan peran Baznas di tengah masyarakat, agar fungsi Baznas dapat dirasakan oleh masyarakat luas," kata Mulyadi.

Komentar