Daerah Terbanyak Pemilih dan Terjauh Diprioritaskan

Metro- 27-11-2020 22:59
Ketua KPU Mentawai, Eki Butman saat menerima surat suara Pilgub Sumbar 2020 yang sampai di Mentawai, Jumat (27/11). (Dok : Istimewa)
Ketua KPU Mentawai, Eki Butman saat menerima surat suara Pilgub Sumbar 2020 yang sampai di Mentawai, Jumat (27/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai jadi daerah pertama yang menerima logistik untuk pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020.

Jenis logistik pilgub yang diterima dua daerah ini baru surat suara pilgub. Logistik ini dikirim langsung dari percetakannya di Bekasi ke daerah masing-masing.

Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra mengatakan, surat suara untuk Pilgub Sumbar diterima pihaknya pada Kamis malam (26/11).

Baca Juga

"Surat suara itu sampai ke KPU Kota Padang pada Kamis malam kemarin sekitar pukul 23.00 WIB, selesai bongkar sekitar pukul 00.30 WIB. Logistik itu kemudian langsung kami simpan di gudang yang ada di samping kantor KPU Padang," kata Riki Eka Putra saat dihubungi Arunala.com , di Padang, Jumat malam (27/11).

Riki menyebutkan jumlah surat suara Pilgub Sumbar yang diterima pihaknya itu sebanyak 618 ribuan yang dikemas dalam 316 kotak (Koli).

"Surat suara ini langsung dikirim dari percetakannya di Pulau Jawa, karena hal itu kontrak yang dibuat KPU Sumbar dengan pihak percetakan, mulai dari cetaknya dan pendistribusian surat suara ini," jelas Riki lagi.

Dia menambahkan, surat suara Pilgub Sumbar yang sudah lalui proses penyortiran dan pelipatan ini nantinya akan didistribusikan kepada 1.943 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kota Padang.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, Eki Butman juga menyebutkan surat suara untuk Pilgub Sumbar juga sudah diterima pihaknya pada Jumat siang (27/11).

"Surat surat Pilgub Sumbar untuk Mentawai sampai Jumat siang sekitar pukul 11.30 WIB. Jumlahnya sebanyak 6.743 lembar (31 dua)," kata Eki.

Dia menerangkan pada pilkada serentak kali ini, Mentawai hanya melaksanakan pilgub saja, sehingga surat suaranya juga hanya surat suara pilgub.

Sama dengan penjelasan Riki, Eki juga menyebutkan surat suara yang diterimanya hari itu langsung dari pihak percetakannya di Bekasi.

Surat suara yang sudah diterima KPU Mentawai itu terang Eki, nantinya akan didistribusikan pada 265 TPS di kabupaten itu.

"Kami menjadwalkan, besok (Sabtu, red) akan dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara dan direncanakan akan distribusikan ke TPS H-5 hari pencobloan yang dilakukan pada 9 Desember nanti," kata Eki Butman.

Sebelumnya, Kabag SDM KPU Sumbar Wendrizen menyebutkan sudah dua daerah yang menerima surat suara Pilgub Sumbar yakni Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Untuk pendistribusian logistik Pilgub Sumbar seperti surat suara ini, KPU Sumbar lebih memprioritaskan daerah yang jaraknya terjauh dan juga yang terbanyak pemilihnya," kata Wendrizen.

Komentar