Ratusan Ibu Hamil dan Menyusui Divaksin

Metro- 04-12-2021 21:48
Seorang ibu menyusui, Mardiani mendapatkan vaksinasi dosis kedua saat Gebyar Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui di Auditorium UNP, Sabtu (4/12). (Foto : Fajril)
Seorang ibu menyusui, Mardiani mendapatkan vaksinasi dosis kedua saat Gebyar Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui di Auditorium UNP, Sabtu (4/12). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Ratusan ibu hamil dan menyusui di Kota Padang memadati Auditorium UNP, Sabtu (4/12). Mereka menjalani vaksinasi pertama maupun kedua virus korona (Covid-19) saat Gebyar Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui.

Peserta vaksinasi adalah ibu yang hamil di atas 12 minggu dan ibu menyusui.

Mereka datang baik secara mandiri maupun antarjemput untuk disuntik vaksin Covid-19 oleh tim kesehatan. Gebyar vaksinasi ini diadakan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Sumbar dan PPDS Obgyn Fakultas Kedokteran Universitas Andalas/RSUP Dr M Djamil Padang.

Baca Juga

Sebelum divaksin, para ibu hamil dan menyusui ini harus menjalani pemeriksaan atau skrining oleh tim kesehatan.

Pelaksanaan vaksinasi pun menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Vaksinasi sendiri dilakukan secara berbeda. Ada ibu hamil dan menyusui dapat dosis pertama, ada pula dosis kedua.

Sementara vaksin yang digunakan adalah vaksin gotong royong Sinopharm.

Seorang ibu hamil, Afni, mengatakan menjalani vaksinasi yang kedua. Usia kandungannya mendekati lahiran yaitu 35 minggu. Ia mengaku tidak sakit saat divaksin.

"Saya lakukan vaksinasi ini demi kesehatan ibu dan calon bayi," ucapnya.

Ibu hamil lainnya, Eka mengatakan, baru menjalani vaksin pertama. Itu karena ia mengaku baru mengetahui adanya vaksinasi untuk ibu hamil.

"Dikasih tahu bidan kalau ada vaksin," katanya. Sementara ibu menyusui, Mardiani mengaku masih menyusui sang anak yang masih berusia 2 bulan. Vaksinasi yang didapatkannya dosis kedua.

"Ini demi kesehatan baik ibu maupun anak," sebut wanita berusia 34 tahun ini.

Dalam gebyar vaksinasi yang dibuka Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dan dihadiri Ketua POGI Sumbar Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM beserta pengurus, PPDS Obgyn FK Unand/RSUP Dr M Djamil Padang, IBI Sumbar dan undangan lainnya bertabur doorprize.

Dimana, hadiah utama berupa sepeda, kulkas dan hadiah doorprize dari berbagai sponsor.

Tak sekadar vaksinasi saja, para ibu hamil mendapatkan USG gratis, biaya transportasi, antar jemput oleh panitia, dan sembako.

Bahkan dalam gebyar tersebut, panitia menyediakan ruangan ibu menyusui.

Ketua POGI Sumbar Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM mengatakan ibu hamil dan menyusui tidak perlu khawatir dan takut untuk divaksin covid-19.

Sebab hingga saat ini, belum ada laporan vaksinasi Covid-19 yang membahayakan kesehatan ibu hamil maupun ibu menyusui.

"Antara vaksinasi ibu hamil dan tanpa ibu hamil itu sebenarnya sama. Jadi jangan takut. Masalahnya, kalau ibu hamil terkena Covid-19, perburukan penyakit akan lebih berat dibanding populasi yang tidak hamil," tegas Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP Dr M Djamil Padang ini.

Komentar