Pemko Pariaman Komit Sukseskan Program Set Top Box/STB

Metro- 18-04-2022 14:24
Walikota Pariaman Genius Umar saat menerima kunjungan ketua KPID Sumbar, Dasrul bersama tim di ruang kerjanya, Senin (18/4). (Dok : Istimewa)
Walikota Pariaman Genius Umar saat menerima kunjungan ketua KPID Sumbar, Dasrul bersama tim di ruang kerjanya, Senin (18/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Dalam rangka upaya mempersiapkan masyarakat siap melakukan migrasi Televisi analog ke Televisi digital atau Analog Switch Off (ASO) untuk wilayah Kota Pariaman dan sekaligus melakukan silaturahmi, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke Pemko Pariaman. Kunjungan diterima oleh Wali kota Pariaman Genius Umar diruang kerjanya, Senin (18/4).

Walikota Pariaman, Genius Umar yang didampingi Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman Ferry Ferdian Bagindo dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kota Pariaman, Elfadri sangat menyambut baik atas kunjungan ini. Pemerintah Kota Pariaman sangat serius dalam transisi layanan siaran ini dan akan gencar melakukan sosialisasi.

"Karena ini merupakan program nasional, Pemko Pariamanbersama stakeholder lainnya seperti KPID Sumbar akan mensukseskan dan mengawasi pendistribusian Set-Top-Box/STB. Kita memahami betul bahwa menghadapi ASO merupakan sesuatu hal yang sedikit rumit di Kota Pariaman, namun kita optimis masyarakat akan memahami dan menerimnya, " ungkapnya.

Baca Juga

Kota Pariaman merupakan salah satu kota yang mendapatkan bantuan alat bantu penerimaan siaran TV digital (Set-Top-Box/STB) kepada rumah tangga miskin pemilik TV analog pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diberikan oleh Kementerian Sosial kepada Kementerian Kominfo. Saat ini sudah ada 2 (dua) desa yang telah dilakukan pendistribusian, yaitu Desa Tungkal Selatan dan Desa Tungkal Utara Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.

"Ada 2170 penerima bantuan Set-Top-Box/STB di Kota Pariaman dengan proses pembagian 3 (tiga) tahap. Semoga dengan adanya bantuan ini, masyarakat akan lebih bijak dalam memilih saluran Televisi dan jadilah penonton yang cerdas, " harapnya.

Sementara itu Ketua KPID Provinsi Sumatera Barat Dasrul usai melakukan kunjungan ke Kota Pariaman mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan program KPID yang baru dilantik sekaligus melakukan silaturahmi bersama Kepala Daerah se Sumatera Barat.

"Kunjungan ini sekaligus kita lakukan untuk memastikan apakah masyarakat siap melakukan migrasi Televisi analog ke Televisi digital atau Analog Switch Off (ASO) untuk wilayah Kota Pariaman. Karena pada Tanggal 30 April 2022, Kementerian Kominfo akan lakukan Lounching ASO dan akan berimbas kesiaran Televisi analog, " ungkapnya.

"Semoga saja setiap daerah yang mendaatkan bantuan ini tidak mendapatkan hambatan jelang lounching ASO sehingga bersama -- sama kita sukseskan program Kementerian Kominfo RI," tutupnya.

Komentar