Calon Pendaftar Cukup Banyak dari Penyelenggara Pemilu

Metro- 29-06-2022 13:20
Seorang calon pendaftar, Muskamal saat melengkapi berkas pendaftarannya kepada panitia penerimaan calon anggota Bawaslu Sumbar di Padang, Rabu (29/6). (Foto : Arzil)
Seorang calon pendaftar, Muskamal saat melengkapi berkas pendaftarannya kepada panitia penerimaan calon anggota Bawaslu Sumbar di Padang, Rabu (29/6). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Calon pendaftar yang akan ikut seleksi penerimaan anggota Bawaslu Sumbar terus bertambah. Contoh pada hari ketujuh (Selasa kemarin) sudah ada 80 orang yang menyerahkan berkas pencalonannya ke pihak panitia.

Hasil pantauan Arunala.com , Rabu (29/6) hingga pukul 11.30 WIB, di lokasi pendaftaran di Surya Palace Hotel, Padang, menunjukan sudah ada sekitar 96 orang calon yang sudah serahkan berkas pendaftarannya.

Penjelasan salah satu tim seleksi penerima calon anggota Bawaslu Sumbar, Wirdyaningsih, proses penerimaan calon anggota ini masih berlangsung hingga besok (Kamis, 30/6).

Baca Juga

"Meski batas waktunya hingga Kamis besok, tapi timsel sudah menyeleksi dokumen pendaftaran dari calon. Dan ada dari beberapa berkas pendaftaran ini yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dan ada pula yang masih melengkapi berkasnya serta ada juga yang telah lengkap," kata Wirda Ningsih kepada media ini.

Dia menerangkan, pada Selasa kemarin, tercatat ada 80 calon yang serahkan berkas pendaftarannya.

Dari semua itu, sebanyak 44 berkas dinyatakan lengkap, 25 berkas belum lengkap, dan 11 berkasnya dinyatakan tidak memenuhi syarat, karena ada calon pendaftar belum mencukupi umur yang ditentukan atau dibawah usia 35 tahun.

Dia menambahkan, dari sekian banyak pendaftar itu, sebanyak 51 orang pendaftar dari laki-laki, dan 29 orang pendaftar perempuan.

Ditanya dari mana saja latar belakang para pendaftar itu? Wirdyaningsih menyebutkan mereka itu berasal dari berbagai latar belakang.

"Namun, hampir setengah dari jumlah pendaftar yang kami terima hingga Selasa kemarin, berasal dari penyelenggaran pemilu di kabupaten kota di Sumbar, baik itu dari KPU maupun Bawaslu dan ada juga penyelenggara pemilu tingkat kecamatan," ujar Wirdyaningsih.

Sementara, salah satu calon pendaftar, Muskamal yang sempat ditemui di meja panitia Rabu (29/6), menyebutkan kedatangan dirinya ke meja panitia untuk melengkapi berkas pencalonannya.

"Saya sudah serahkan berkas pendaftaran pada Jumat (24/6) lalu. Karena saat itu ada berkas yang kurang, maka hari ini saya datang lagi untuk melengkapi berkas pendaftaran itu," kata Muskamal.

Komentar