Komplek GOR Agus Salim Ditutup Sementara

Metro-154 hit 22-01-2021 21:31
Komplek GOR Agus Salim Padang biasa dimanfaatkan masyarakat untuk aktivitas olahraga. (Dok : Istimewa)
Komplek GOR Agus Salim Padang biasa dimanfaatkan masyarakat untuk aktivitas olahraga. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Komplek Gelanggang Olahraga (GOR) Agus Salim, Padang untuk dalam dua hari ke depan yakni Sabtu-Minggu (23-24/1) ditutup untuk aktivitas maupun bagi pedagang yang rutin menggelar dagangannya di hari itu.

Penutupan tempat olahraga yang berlaku pukul 05.00 WIB hingga 10.00 WIB itu dilakukan Pemprov Sumbar Polda Sumbar termasuk Pemko Padang.

Mendapat kabar ditutupnya komplek olahraga dalam dua hari itu, Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Demokrat, Muhammad Nurnas bisa memahaminya

Baca Juga

"Biasanya, pada Sabtu dan Minggu itu seputaran komplek GOR Agus Salim itu cukup ramai dari masyarakat yang berolahraga maupun yang menjual beraneka barang dan penganan," ujar Nurnas.

Namun, kata dia, masyarakat harus memaklumi kenapa penutupan sementara dilakukan di GOR Agus Salim itu. Itu tujuannya menekan dan memutus mata rantai virus corona.

"Menurut saya itu penutupan itu positif dilakukan, karena kerumunan orang membuka peluang penyebaran virus corona, terutama bagi masyarakat berstatus OTG (orang tanpa gejala)," ungkap Nurnas yang juga Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar itu.

Kemudian, kalau ada pendapat yang menyebutkan aktivitas olahraga dilarang di komplek GOR Agus Salim itu, Nurnas menyatakan pendapat itu sangat keliru.

Tidak ada pelarangan olahraga karena olahraga bisa memicu kebugaran tubuh dan memperkuat imun tubuh.

"Yang dilarang berolahraga dan beraktivitas di kerumunan orang. Kalau berolahraga pagi, bisa dilakukan satu orang atau berdua dengan suami atau istri, seperti peregangan badan, lari atau jalan santai di sekitar lingkungan tempat tinggal masing-masing," ujar Nurnas lagi.

Untuk itum dia berharap, kebijakan menutup sementara komplek GOR Agus Salim pada Sabtu dan Minggu itu, seharusnya didukung masyarakat.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, menyampaikan akan lakukan penutupan sementara aktivitas di GOR Agus Salim dan seputarannya. Penutupan itu dilakukan hari Sabtu dan Minggu (23-24/1).

"Penutupan tersebut dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus Covid-19 di Kota Padang. Ini dilakukan dalam menindaklanjuti hasil rapat koordinasi antara Polda Sumbar bersama Pemprov Sumbar dan Pemko Padang yang tergabung dalam Satgas Covid 19, Rabu (20/1) di Mapolda Sumbar," kata Satake.

Ia menambahkan, penutupan ini dilakukan dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kota Padang khususnya.

"Penutupan GOR Agus Salim yang ada di Kota Padang ini berhubung lokasi tersebut sering dipergunakan masyarakat untuk aktivitas berolahraga, hal ini sebagai bentuk antisipasi menghindari terjadinya kerumunan," kata dia lagi.

Selama dua hari tersebut, di sejumlah pintu masuk menuju komplek GOR Agus Salim akan ditempatkan petugas yang tergabung dalam Satgas Covid-19.

Selain itu, petugas juga akan menempatkan mobil ambulans dan petugas kesehatan dalam pengamanan penutupan GOR tersebut.

"Diharapkan pihak swasta maupun perorangan yang memiliki sarana olahraga untuk umum, agar lebih taat dalam penerapan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku," terang Satake.

Komentar