Pelaksanaan TMMD 2021 Sumbar Dilaksanakan Tiga Tahap

Ekonomi-97 hit 02-02-2021 20:29
Kepala Dinas PMD Sumbar Syafrizal saat koordinasi dengan pihak terkait soal program TMMD 2021 di Sumbar, Selasa (2/2). (Dok : Istimewa)
Kepala Dinas PMD Sumbar Syafrizal saat koordinasi dengan pihak terkait soal program TMMD 2021 di Sumbar, Selasa (2/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Tahun 2021 ini, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) kembali digelar. Untuk pelaksanaannya dibagi dalam tiga gelombang yakni TMMD ke-110 pada Maret, TMMD ke-111 pada Juni, dan TMMD ke-112 di bulan September. Masing-masing tiap kegiatan dilaksanakan selama 30 hari lamanya.

Adapun daerah yang masuk dalam kegiatan TMMD 2021, berjumah 80 kabupaten kota seluruh Indonesia. Untuk di Sumbar ada lima kabupaten yang masuk program TMMD 2021 kali ini, dan tema yang diusung dari kegiatan kali ini "Pengabdian untuk Negeri".

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar, Syafrizal menyebutkan, lima kabupaten yang dapat program TMMD 2021 itu adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Kabupaten Padangpariaman, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Agam dan Kabupaten Solok.

Baca Juga

Dari lima kabupaten itu, pelaksanaan TMMD-nya tidak sama, misalnya untuk Mentawai dan Padangpariaman pelaksanaannnya pada TMMD ke-110. Bagi Kabupaten Limapuluh Kota, kegiatannya pada TMMD ke-111. Baru terakhir untuk Agam dan Solok pada TMMD ke-112," kata Syafrizal di Padang, Selasa (2/2).

Syafrizal menjelaskan, tahapan TMMD ke-110 dimulai dengan pra TMMD di Mentawai pada Senin (1/2) kemarin, sedangkan di Padangpariaman tahapan pra TMMD-nya Senin (8/2) mendatang.

"Untuk pembukaannya, TMMD ke-110 akan dilaksanakan pada Selasa (2/3) dan penutupannya pada Rabu (31/3). Saya berharap dukungan semua pihak dalam upaya percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat tertinggal, terpencil, serta terisolir," ujar Syafrizal.

Dia juga mengatakan dari kegiatan TMMD ini dapat membantu pemerintah dalam proses pemerataan pembangunan daerah.

Untuk diketahui, pelaksanaan TMMD tahun 2021, juga dalam rangka mewujudkan lima program kerja prioritas pemerintah tahun 2019-2024, yaitu mempercepat pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pedesaan dengan kategori daerah miskin/tertinggal, terpencil/terisolir, perbatasan/pulau-pulau kecil terluar.

Kemudian mengatasi kawasan kumuh dan perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan, serta daerah lain yang terkena dampak bencana.

Komentar