Tiga Pulau di Mentawai masih Blank Spot

Teknologi-147 hit 09-03-2021 20:55
Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet saat berikan paparan kondisi daerahnya kepada Gubernur Mahyeldi saat Rakorenbang Pemprov Sumbar, di Padang, Selasa (9/3). (Dok : Istimewa)
Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet saat berikan paparan kondisi daerahnya kepada Gubernur Mahyeldi saat Rakorenbang Pemprov Sumbar, di Padang, Selasa (9/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Area blank spot (daerah yang tidak tersentuh sinyal telekomunikasi) yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai, jadi satu bahasan penting dalam rapat koordinasi Perencanaan Pembangunan (Rakorenbang) Provinsi Sumbar di Auditorium Gubernuran, Selasa (9/3).

Pasalnya, tiga dari empat pulau yang ada di kabupaten itu, yaitu Sipora yang sudah bisa terhubung dengan layanan internet. Itupun masih banyak kawasan blank spot-nya.

Sedangkan tiga pulau lainnya yakni Pagai Selatan, Siberut, dan Pagai Utara bisa dikatakan tidak ada sinyal.

Baca Juga

Keterangan Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Jasman Rizal melalui rilisnya menyebutkan dalam rakor yang dihadiri bupati dan wali kota di hari itu dipimpin langsung Gubernur Sumbar Mahyeldi, menanyakan langsung perihal blank spot di Mentawai kepada Bupati Yudas Sabaggalet.

"Gubernur juga menginstruksikan Dinas Kominfo Sumbar untuk menindaklanjuti persoalan jaringan internet di Mentawai itu," jelas Jasman.

Sebelumnya dalam sesi diskusi, Jasman mengutarakan kondisi sarana dan prasarana telekomunikasi untuk Kepulauan Mentawai.

Menurut dia saat itu, jaringan internet di Sipora sebagai satu-satunya pulau yang mendapatkan layanan internet, itu pun belum optimal. Meskipun ada rencana pembangunan fiber optic bawah laut oleh salah satu provider, namun belum ada kepastian kapan akan selesai.

"Maka dari itu, sesuai dengan regulasi terbaru pembangunan tower telekomunikasi, sudah langsung dari kabupaten kota ke kementerian terkait, provinsi siap memfasilitasinya," aku Jasman. (*)

Komentar