Arif: Website Mampu Percepat Akses Informasi Publik

Metro-212 hit 19-04-2021 13:40
Wakil Ketua KI Sumbar, Arif Yumardi saat menerima cinderamata dari Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, M Khadafi, Senin (19/4). (Dok : Istimewa)
Wakil Ketua KI Sumbar, Arif Yumardi saat menerima cinderamata dari Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, M Khadafi, Senin (19/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Payakumbuh, Arunala - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh segera membentuk website e-PPID untuk unit kerjanya.

Langkah Bawaslu kota itu membentuk e-PPID berangkat setelah pihak ini bersama Bawaslu kabupaten kota yang lain di Sumbar menyerahkan Laporan Tahunan Pelayanan Informasi Publik tahun 2020 ke Komisi Informasi (KI) Sumbar akhir Maret lalu.

Sebelum e-PPID itu dijalankan, lebih dulu Bawaslu Kota Payakumbuh minta kepada KI Sumbar untuk memberikan pembinaan menyangkut Publikasi dan Tata Kelola PPID kepada petugas atau operator yang akan bertugas di e-PPID lembaga ini.

"Kegiatan ini sengaja kami lakukan sebagai bentuk tekad kami untuk mengembangkan PPID Bawaslu Kota Payakumbuh," kata Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, M Khadafi di kantornya, Senin (19/4).

Sedangkan Wakil ketua KI Sumbar, Arif Yumardi didampingi Asisten Ahli bidang IT, Harizt Islami hadir mengadvokasi para petugas yang akan bekerja di PPID itu dengan materi Publikasi dan Tata Kelola PPID Bawaslu Kota Payakumbuh.

"Tugas utama PPID itu adalah mengumpul, mengelola dan mendokumentasi serta mempublikasikan informasi publik," jelas Arif.

"Nah, untuk akselerasi yang lebih cepat informasi sampai ke masyarakat, di era digitalisasi ini tidak lain adalah melalui website" imbuh Arif.

Komentar