Jokowi: Penting Peran Apeksi untuk Pulihkan Ekonomi

Metro-107 hit 25-05-2021 18:56
Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, dengan serius mengikuti pelaksanaan Apeksi ke 21 tahun ini secara virtual, Selasa (25/5), (Dok : Istimewa)
Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, dengan serius mengikuti pelaksanaan Apeksi ke 21 tahun ini secara virtual, Selasa (25/5), (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Selasa ini (25/5), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) memperingati ke-21 tahun keberadaannya. Kali ini, Kota Bogor, Jawa Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan Apeksi tahun 2021 ini.

Untuk kota lainnya di Indonesia, termasuk di antaranya Kota Pariaman yang diikuti Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, dengan serius mengikuti pelaksanaan Apeksi ke 21 tahun ini secara virtual.

Dalam kegiatan Apeksi itu, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) memberi sambutannya dihadapan 98 wali kota se Indonesia yang tergabung dalam Apeksi tersebut.

"Para wali kota yang tergabung dalam Apeksi harus memiliki peranan besar dalam mengatasi penanganan Covid-19 di tanah air dan juga memulihkan perekonomian nasional ," ujar Jokowi.

Dikatakannya, Apeksi harus dapat bersinergi dengan pemerintah pusat dalam menekan penyebaran Covid-19.

Selain itu, Jokowi juga meminta para wali kota itu mengoptimalkan dana APBD untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Dana APBD harus dioptimalkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan di daerah," tegas Jokowi.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Apeksi, Bima Arya Sugiarto mengatakan kolaborasi antar Apeksi dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, Apkasi juga membantu mensosialisasikan program-program pemerintah.

"Peran itu tetap akan kita lakukan, membantu pemerintah agar kebijakan dipahami dan sampai kepada semua stakeholder. Namun, ke depan Apeksi tidak hanya sebagai bagian sosialisasi tapi juga referensi dari kebijakan prembangunan nasional," ujar Bima.

Menurut Bima, menggerakkan kota-kota dengan kekuatan ide dan kekuatan data adalah mimpi yang sempurna. Kata dia, kota harus dikembangkan oleh ide dan juga the power of data.

"Kita lihat bagaimana perencanaan yang matang dan data yang kuat bisa gerakkan kota dengan lebih cepat. Hari ini kita lihat semua harus berbasiskan data, pelajari angka di mana-mana. Kebutuhan kita untuk memahami menggunakna data jauh lebih relevan dibandingkan masa-masa sebelumnya. Karena itu, Apeksi akan fokus untuk bangun jaringan data kota yang akan jadi referensi kebijakan di masa depan," tutupnya Arya Bima. (*)

Komentar