Puskesmas Lubuk Ulang Aling Dapat Tenaga Bantuan

Metro-186 hit 02-06-2021 18:01
Rombongan Kemenkes RI bersama Wabup Solsel, Yulian Efi dan Kepala Diskes Novirman membahas penempatan enam tenaga kesehatan untuk Puskesmas Lubuk Ulang Aling, di Padang Aro, Rabu (2/6). (Dok : Istimewa)
Rombongan Kemenkes RI bersama Wabup Solsel, Yulian Efi dan Kepala Diskes Novirman membahas penempatan enam tenaga kesehatan untuk Puskesmas Lubuk Ulang Aling, di Padang Aro, Rabu (2/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang Aro, Arunala -- Program Nusantara Sehat yang dilaksanakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) diharapkan mampu mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terlebih bagi dearah yang jauh dan sulit diakses di kabupaten itu, khususnya di Lubuk Ulang Aling sekitarnya.

Bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Solsel, program Nusantara Sehat ini justrus akan menjadi ujung tumbak pemkab di bidang pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya. Soalnya, dalam program ini pihak Kemenkes akan menempatkan beberapa orang tenaga kesehatannya di

"Tahun 2021 ini, Solsel menerima enam orang tenaga kesehatan melalui program Nusantara Sehat dari Kemenkes itu. Mereka nantinya ditempatkan di Puskesmas Lubuk Ulang Aling di Tanah Galo, Nagari Lubuk Ulang Aling Tengah, dengan cakupan wilayah kerja pada Nagari Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Tengah, serta Lubuk Ulang Aling Selatan," kata Novirman di Padang Aro, Rabu (2/6).

Novirman merinci, enam tenaga medis dari program Nusantara Sehat itu terdiri lima orang diantaranya perempuan, dan satu orang pria.

"Mereka itu akan bertugas sebagai tenaga gizi, tenaga farmasi, tenaga kesehatan lingkungan, dokter gigi, bidan, serta perawat dengan daerah asal yang berbeda-beda. Dari Jeneponto Sulawesi Selatan (dua orang), Kulon Progo, Kendari Sulawesi Tengah, Sanggau Kalimantan Barat, serta Pesisir Selatan masing-masing satu orang," urai Novirman.

Dia melanjutkan, enam tenaga tadi akan melakukan tugas pengabdian selama dua tahun ke depan di tiga kenagarian di Lubuk Ulang Aling.

Selama menjalankan masa pengabdiannya, imbuhnya, para tenaga kesehatan ini tidak boleh menikah selama enam bulan pertama serta hanya diperkenankan pulang sekali dalam satu tahun. Kemudian, selama masa itu tenaga kesehatan program Nusantara Sehat ini akan berintegrasi dengan program-program di Puskesmas Lubuk Ulang Aling.

"Untuk saat ini, Puskesmas yang ada di daerah sulit transportasi tersebut mulai beroperasi pada 2016 silam, dan saat ini memiliki 2 orang dokter umum, 1 orang dokter gigi, sejumlah bidan, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya, baik dari ASN dan tenaga kontrak," kata Novirman.

Komentar