Genius Harapkan Utusan Pariaman Bisa Ikut Muhibah Budaya

Metro-115 hit 07-06-2021 15:25
Brosur Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah yang diadakan Kemendikbud Ristek RI. (Dok : Istimewa)
Brosur Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah yang diadakan Kemendikbud Ristek RI. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Indonesia dulunya pernah jadi pemasok utama perdagangan rempah-rempah di dunia. Itu terjadi jauh sebelum bangsa Eropa melakukan aktivitas perdagangan di Asia Tenggara.

Dengan adanya jalur rempah itu, menjadikan Nusantara ini sebagai wilayah strategis dalam perdagangan dunia.

Untuk mengingat dan menghargai sejarah bangsa Indonesia dengan kekayaan rempat-rempat kala itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendibud Ristek) RI mengadakan kegiatan bernama Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 17 Agustus-28 Oktober 2021. Pelayaran muhibah ini akan mengunjungi 13 titik jalur rempah di Indonesia yang akan dilalui menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci, dan salah satu titik kunjungan itu yakni Kota Padang.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar yang melihat kegiatan mengenal sejarah rempah di Indonesia itu, mengajak putra-putri terbaik di Sumbar, khususnya Kota Pariaman yang berminat dengan kegiatan itu untuk dapat ikuti seleksi dalam ajang Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah itu.

Genius menerangkan peserta yang akan itu Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah terdiri lima orang untuk tiap provinsi. Dan peserta itu merupakan putra-putri Indonesia yang berusia 17-24 tahun.

"Saya berharap dengan terbatasnya peserta yang ikuti festival ini, putra putri terbaik dari Kota Pariaman bisa ikut serta didalamnya. Dan mereka itu nantinya jelas akan mengharumkan nama Kota Pariaman dan Sumbar," kata Genius Umar di Pariaman, Senin (7/6).

Yang tak kalah penting, sambung Genius, festival Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah ini mampu menjadi motivasi tersendiri bagi diri pribadi untuk lebih menghargai nilai dan makna perjuangan dalam sejarah perdagangan rempah-rempah yang mampu membawa interaksi dan pertukaran nilai-nilai, penyebaran agama, persilangan budaya, kesenian dan keberagaman di Nusantara ini.

"Bagi putra putri yang mau ikut kegiatan sejarah Nusantara ini, informasinya bisa dilihat pada akun media sosial Instagram (@jalurrempahri), Youtube Jalur Rempah RI (Jalur Rempah RI) dan mengunggah setiap aktivitas muhibah budaya di media sosial dengan menandai (tag) @jalurrempahri dan tagar #jalurrempahkemendikbud #jalurrempahkemendikbudristek," kata Genius Umar.

Komentar