Selama 2020 Telah Salurkan Zakat Sebesar Rp4,7 Miliar Lebih

Metro-34 hit 02-02-2021 16:42
Walikota Pariaman, Genius Umar menerima Piagam Penghargaan dari Ketua Baznas pusat, yang diserahkan oleh Ketua Baznas Kota Pariaman, Jomohor, diruang kerjanya, Balaikota Pariaman, Senin (1/2)
Walikota Pariaman, Genius Umar menerima Piagam Penghargaan dari Ketua Baznas pusat, yang diserahkan oleh Ketua Baznas Kota Pariaman, Jomohor, diruang kerjanya, Balaikota Pariaman, Senin (1/2)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pariaman dapat apresiasi dan penghargaan dari Ketua Baznas Pusat, Bambang Sudibyo, atas kerjasama dan partisipasinya dalam pelaksanaan pmplementasi indeks zakat nasional dan kajian dampak zakat nasional 2020.

Atas penghargaan Ketua Baznas Pariaman, Jomohor kemudian memberikan piagam penghargaan tersebut kepada Wali Kota Pariaman, Genius Umar di ruang kerjanya, Senin (1/2).

"Alhamdulillah, Baznas Pariaman dapat penghargaan dari Baznas Pusat, atas dedikasi Baznas Pariaman yang telah menyalurkan zakat sebesar Rp4,7 miliar lebih, yang dananya berasal dari zakat ASN dan swasta di kota ini," ujar Genius Umar.

Baca Juga

Sepanjang 2020 kemarin, Baznas Pariaman bekerja ekstra untuk penyaluran zakat kepada warga kota tersebut yang layak menerimanya, ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 menyebabkan banyak warga yang terimbas perekonomianya.

"Baznas Pariaman punya banyak program untuk membantu masyarakat, mulai dari bantuan biaya kesehatan warga tidak mampu, bantuan modal usahan bagi UKM, bantuan pendidikan bagi mahasiswa tidak mampu, bantuan zakat untuk masyarakat yang berhak menerimanya (mustahik)," ucapnya lebih lanjut.

Genius berharap agar Baznas Pariaman makin besar dengan program bantuan yang dibuatnya sehingga dapat mengentaskan angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Pariaman.

Ketua Baznas Pariaman, Jomohor didampingi pengurus lainnya mengatakan Baznas Pariaman sepanjang 2020 lalu telah mengumpulkan zakat yang berasal dari ASN Pemko Pariaman dan swasta ini, berjumlah Rp5 miliar lebih.

"Dari jumlah dana yang terkumpul itu, sepanjang Januari sampai Desember 2020 kami telah menyalurkan zakat sebesar total Rp4.784.020.500. Peruntukanya adalah untuk warga Pariaman yang berhak menerima, dan juga program kerja Baznas," ucapnya.

Jomohor menyebutkan, Baznas Pariaman mempunyai lima program, yaitu program Pariaman Cerdas, Pariaman Makmur, Pariaman Sehat, Pariaman Taqwa dan terakhir Pariaman Peduli.

Komentar