Lucy: Sharing Pengembangan Industri Kecil dan UMKM

Ekonomi-65 hit 17-06-2021 19:44
Ketua Dekranasda Medan, Kahiyang Ayu memperlihatkan karya pelaku UMKM Kota Medan kepada Ketua Dekranasda Pariaman, Lucy Genius Umar dan rombongan saat studi kompratif ke Medan, Kamis (17/6). (Dok : Istimewa)
Ketua Dekranasda Medan, Kahiyang Ayu memperlihatkan karya pelaku UMKM Kota Medan kepada Ketua Dekranasda Pariaman, Lucy Genius Umar dan rombongan saat studi kompratif ke Medan, Kamis (17/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Medan, Arunala -- Rombongan Dewan Kerajinan Nasional(Dekranasda) Kota Pariaman lakukan studi komperatif ke Dekranasda Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (17/6).

Kunjungan ini bertujuan menjajaki kerjasama antar dua kota ini di bidang pengembangan industri kecil dan UMKM yang ada di kota masing-masing.

Dalam pertemuan Ketua Dekranasda Pariaman, Lucy Genius Umar saat bertemu ketua Dekranasda Medan, Kahiyang Ayu banyak hal yang didiskusikan mulai menyangkut strategi, regulasi hingga soal pemasaran dari produk yang dihasilkan pelaku industry kecil dan UMKM.

"Kami saling sharing dalam rangka peningkatan kapasitas Dekranasda kedua kota, Ibu Kahiyang sangat menguasai fungsi Dekranasda," ujar Lucy Genius Umar di dampingi Wakil Ketua Dekranasda Pariaman, Indriati Mardison, di sela-sela pertemuan.

"Kota Pariaman sedang jor-joran memgembangkan sector Pariwisata. Pada sektor ini (Pariwisata, red) pastilah ruang industry kecil, UMKM sangat luas. Namun hlirisasi dari indusrti ini lebih banyak ditentukan dengan hal-hal yang berbau kreativitas," ujar Lucy.

Buktinya, kata Lucy, dengan adanya kreativitas pelaku industri kecil dan UMKN terhadap sektor Pariwisata di Kota Pariaman, mampu memberikan income bruto sebesar 2,96 persen bagi pendapatan Kota Pariaman selama masa pandemi ini.

"Dengan capaian itu menjadikan pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman yang menghandalkan sektor Pariwisata itu, termasuk didalamnya UMKM dan industri kreatif, alami kenaikkan sekitar 2 persen dibanding pertumbuhan ekonomi Sumbar," ujar Lucy.

Sedangkan Ketua Dekranasda Kota Medan, Kahiyang Ayu mengaku sangat perlu sharing pemikiran dan kerjasama antara Dekranasda Medan dan Pariaman. Direncanakan kerjasama yang akan dilakukan Dekranasda dua kota itu mencakup bidang pengembangan industri kecil UMKM.

"Cocok bagaimana Dekranasda dan pemko mem-backup pengembangan UMKM. Di Kota Medan sendiri tengah giat-giatnya membangun industri kreatif, dan tentulah Kota Pariaman juga telah melakukan hal yang sama. Apalagi pak Wako-nya terkenal tokoh inovasi," ujar Kahiyang.

Komentar