Genius: Tetap Jaga Kebersihan Dagangan dan Terapkan Prokes

Metro-103 hit 15-06-2021 16:33
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat mendampingi Kepala BBPOM Sumbar, Firdaus Umar dan timnya saat meninjau pasa pabukoan di Kota Pariaman, Kamis (15/4).
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat mendampingi Kepala BBPOM Sumbar, Firdaus Umar dan timnya saat meninjau pasa pabukoan di Kota Pariaman, Kamis (15/4).

Penulis: MN. Putra

Pariaman, Arunala -- Aktivitas dua lokasi pasa pabukoan yang ada di Kota Pariaman yakni di pelataran parkir Pasar Pariaman dan pelataran Balai Kuraitaji, di pantau langsung Wali Kota Pariaman, Genius Umar bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sumbar, Kamis (15/4).

Dalam pemantauan itu pihak BBPOM sengaja membawa langsung mobil uji klinik makanan, untuk menguji di tempat beberapa sampel makanan yang ada di pasa pabuloan itu.

"Hasil pengujian kami, pasa pabukuan di Kota Pariaman bisa dikatakan aman dari penggunaan bahan berbahaya. Namun kami menemukan penggunaan kertas koran untuk alas gorengan dan pedagangnya sudah diberi arahan," kata Kepala BBPOM Sumbar, Firdaus Umar saat itu.

Baca Juga

Dia menerangkan, ada empat jenis bahan kimia berbahaya yang kerap digunakan pada makanan yaitu formalin, boraks, rhodamin b, dan methanil yellow yang jika dikonsumsi dalam banyak dan atau jangka panjang akan berdampak.

"Nah untuk memastikan makanan yang dijual di pasa pabukoan tidak menggunakan bahan kimia yang saya sebutkan tadi, maka pihak BBPOM Sumbar akan Sidak ke beberapa pasa pabukoan yang ada di sejumlah kabupaten kota di Sumbar," terang Firdaus lagi.

Wali Kota Pariaman Genius Umar yang mendapati takjil maupun makanan yang dijual di dua pasa pabukoan di kotanya merasa senang, namun dirinya tetap mengimbau para pedagang di pasa pabukoan itu untuk selalu menjaga kebersihan makanan, kebersihan tempat dagangan dan tidak menggunakan zat yang membahayakan konsumen nantinya.

"Hal yang tak kalah penting diperhatikan para pedagang dan maupun pembeli, yakni tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan selalu menggunakan masker. Khusus bagi pedagang yang menggunakan kertas koran sebagai alas makanan, mohon diganti karena itu tidak higienis dan tintanya dapat membahayakan konsumen yang memakannya, " jelas Genius kepada pedagang dan pembeli.

Dalam kunjungan ke pasa pabukoan hari itu, turut serta Sekko Pariaman, Yota Balad dan Kadis Perindagkop dan UKM, Gusniyeti Zaunit serta beberapa kepala OPD lainnya.

Komentar