Pemko Pariaman Pinjamkan 8 Ventilator

Metro- 13-07-2021 15:17
Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama Dinas Kesehatan kota setempat sesaat akan meminjamkan delapan ventilator untuk RSUP M Djamil Padang, Selasa (13/7). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama Dinas Kesehatan kota setempat sesaat akan meminjamkan delapan ventilator untuk RSUP M Djamil Padang, Selasa (13/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Delapan unit alat ventilator dipinjamkan Pemko Pariaman untuk RSUP M Djamil Padang. Alat ini dipinjamkan karena membeludaknya pasien Covid-19 yang dirawat rumah sakit itu. Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kesehatan Unand, dr Andani Eka Putra menyampaikan terima kasih pihaknya atas bantuan dari Pemko Pariaman itu. "Saat ini RSUP M Djamil kekurangan pasokan oksigen karena membludaknya pasien Covid-19 yang bergejala berat, sehingga membutuhkan tambahan ventilator, dan Alhamdilillah, Pemko Pariaman meminjamkan kami ventilator," kata Andani, Selasa (13/7). Andani menerangkan, ada 255 kapasitas tempat tidur ICU RSUP M Djamil, khusus pasien Covid-19, dan kini sudah penuh. Kemudian baru-baru ini ada penambahan 86 tempat tidur lagi bagi pasien. Persoalannya saat ini, sebutnya, RSUP M Djamil Padang jadi pusat penangganan pasien Covid-19 di Sumbar berada di posisi tanggung jawab terakhir untuk menangani pasien Covid-19, makanya ada penambahan tempat tidur bagi pasien Covid-19 tersebut. Di pihak lain, Wali Kota Pariaman, Genius Umar menilai, peminjaman delapan unit ventilator kepada RSUP M Djamil itu untuk memenuhi pasokan oksigen di rumah sakit itu. "Semoga apa yang kami lakukan ini dapat membantu pasien Covid-19 yang memerlukan ventilator saat ini. Kami dapat laporan bahwa ada pasien yang antre sampai dua hari untuk bergantian memakai ventilator di RSUP M Djamil, karena itu kami pinjamkan ventilator itu," ujar Genius. Dirinya menyebutkan, bagi Kota Pariaman tidak terlalu banyak pasien Covid-19 yang dirawat dan memerlukan bantuan ventilator saat ini. "Jadi ini pula salah satu alasan kami untuk meminjamkan delapan ventilator yang ada di Dinas Kesehatan Kota Pariaman ke pihak RSUP M Djamil," kata Genius Umar.

Komentar