Lagi, Sejumlah Pengusaha Tambak Udang Ditegur

Metro-92 hit 27-08-2021 07:02
Camat Ulakan Tapakih, Emri Nurman dan tim saat lakukan pengawasan usaha tambak udang yang ada di kecamatan itu, Kamis siang (26/8). (Dok : Istimewa)
Camat Ulakan Tapakih, Emri Nurman dan tim saat lakukan pengawasan usaha tambak udang yang ada di kecamatan itu, Kamis siang (26/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Pihak Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padangpariaman kembali menegur sejumlah pelaku usaha tambak udang yang ada di Nagari Tapakih dan Nagari Seulayat Ulakan, di kecamatan itu.

Teguran yang diberikan pihak kecamatan itu menindaklanjuti surat Bupati Padangpariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang pengawasan dan penertiban pelaksanaan kegiatan usaha tambak udang.

"Kami kembali tegur beberapa pelaku usaha tambak udang, karena dalam pengecekan kami di lapangan masih ditemukan dari pelaku usaha itu yang mengabaikan beberapa ketentuan yang harus mereka miliki," kata Camat Ulakan Tapakih, Emri Nurman usai lakukan pengecekan tambak udang di wilayah kerjanya, Kamis siang (26/8).

Baca Juga

Dia menjelaskan, beberapa ketentuan yang diabaikan beberapa pelaku usaha itu seperti belum melengkapi administrasi dan rekomendasi perizinan berusaha serta tata ruang dan pengolahan limbah yang tidak sesuai aturan yang berlaku.

Mendapati kenyataan di lapangan, Emri Nurman lalu meminta pelaku usaha itu untuk menyelesaikan semua rekomendasi dan persyaratan dari perangkat daerah terkait sebelum tambak beroperasi.

"Karena semua itu, sudah ada ketentuan yang harus diikuti oleh setiap orang pribadi atau badan yang akan melakukan kegiatan usaha," tukas Emri Nurman.

Dia mengakui sering ditemui di lapangan, para pemilik tambak langsung saja memulai pembangunan tambak dan beroperasi setelah selesai proses sewa lahan dengan pemilik tanah.

"Sementara untuk perizinan berusaha dan persyaratan lainnya belum diselesaikan. Bahkan ada kemungkinan izin berusaha yang bersangkutan tidak bisa diterbitkan, karena melanggar tata ruang dan tidak memiliki amdal," kata Emri Nurman.

Saat melakukan pengecekan sejumlah tambak udang itu, Emri Nurman didampingi Forkopimcab setempat.

Komentar