Seluruh Petugas Puskesmas Tarusan Dikarantinakan

Metro-849 hit 16-04-2020 20:07
Ilustrasi Virus Corona. (Foto: MgIt03)
Ilustrasi Virus Corona. (Foto: MgIt03)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Pessel, Arunala - Seluruh petugas di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan terpaksa dikarantinakan oleh tim Gugus Tugas Covid-19 kabupaten tersebut.

Mereka yang berjumlah 58 orang itu dikarantinakan di sebuah komplek Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berada di kawasan Muaro, Painan Selatan.

"Petugas yang dikarantinakan itu terdiri dari dokter puskesmas, para medis dan juga petugas lainnya yang bekerja di puskesmas tersebut. Dan mereka harus masuk karantina hari ini (Kamis, red)," kata juru bicara tim Gugus Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan, Rinaldi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Arunala.com , Kamis malam (16/4).

Baca Juga

Dasar semua petugas puskesmas itu dikarantinakan, sebut Rinaldi, karena mereka diduga terpapar virus Corona akibat transmisi lokal yang terjadi di Puskesmas tersebut.

"Apalagi sebelumnya di puskesmas ini sempat menangani kasus positif Covid-19 sebelumnya," terang Rinaldi yang juga Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pessel itu.

Dia menyebutkan dari 58 petugas yang ada di Puskesmas Koto XI Tarusan itu, baru 51 orang diantaranya yang sudah masuk karantina. Sisanya yang tujuh orang lagi masih belum datang.

Rinaldi memberi limit waktu kepada tujuh orang petugas puskesmas untuk segera masuk karantina hingga Kamis malam.

"Kalau sampai Kamis malam ini, tujuh orang tersebut tidak datang maka petugas dari tim gugus tugas akan menjemput ke rumah masing -- masing," kata Rinaldi.

Rinaldi mengungkapkan, upaya karantina terhadap tenaga medis Puskesmas Tarusan untuk memutus mata rantai penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) di Pessel.

Dirinya menambahkan, saat jalani masa karantina, seluruh petugas puskesmas ini akan dilakukan uji Swab untuk memastikan apakah mereka terpapar virus corona atau tidak.

"Kalau hasilnya positif akan dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19. Kalau hasilnya negatif yang bersangkutan dibolehkan pulang," kata Rinaldi.

Dengan dikarantina nya petugas Puskesmas Koto XI Tarusan itu, maka aktifitas di puskesmas itu ditutup sementara.

"Selama Puskesmas ditutup, pelayanan kesehatan masyarakat bisa dilakukan pada beberapa Puskesmas lain seperti di Barung Barung Belantai, Puskesmas Pasar Baru atau Puskesmas terdekat lainnya," tutup Rinaldi.

Hingga berita ini diturunkan Kamis malam (16/4) pukul 19.50 Wib, belum didapat informasi tentang kelanjutan dari tujuh orang petugas Puskesmas Koto XI Tarusan itu, apakah sudah masuk karantina atau belum.

Komentar