Jumlah Nominator Tiap Kategori Berkurang Setengah

Metro- 26-10-2021 19:31
Komisioner KI Sumbar beri penjelasan tentang monev 2021 yang mereka lakukan kepada wartawan saat konferensi pers, Selasa (26/10). (Foto : Arzil)
Komisioner KI Sumbar beri penjelasan tentang monev 2021 yang mereka lakukan kepada wartawan saat konferensi pers, Selasa (26/10). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Pada 2 Desember mendatang, Komisi Informasi (KI) Sumbar kembali mengadakan pemilihan Anugerah Keterbukaan Publik 2021 bagi Badan Publik (BP) yang ada di Sumbar pada 2 Desember mendatang.

Penyerahan KI Sumbar Award kepada badan publik ini merupakan tahap akhir dari sejumlah rangkaian yang dilakukan lembaga ini yang dimulai sejak 1 Juli 2021 lalu.

"Sebenarnya untuk pemilihan badan publik yang akan mendapat KI Sumbar Award 2021 ini sudah kami mulai sejak Juli lalu, dan puncaknya pada Desember 2021 nanti," kata Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska didamping dua anggota KI yang lain yakni Tanti Endang Lestari dan Adrian Tuswandi, saat konferensi pers monev keterbukaan informasi 2021 di kantor KI Sumbar, Selasa sore (26/10).

Baca Juga

Nofal menyebutkan, pada penilaian tahun ini ada beberapa perubahan dibanding tahun sebelumnya.

"Pertama di tahun ini, untuk jumlah kategori penilaian masih tetap sama yaitu 10 kategori. Namun jumlah nominator di tiap kategori jadi berkurang, awalnya 10 menjadi lima badan publik saja. Soalnya ada keterbatasan anggaran yang dimilik KI Sumbar tahun ini," ujar Nofal Wiska.

Meski ada pengurangan jumlah nominator di tiap kategori penilaian, namun Nofal cukup merasa senang, karena dari hasil verifikasi yang dilakukan KI Sumbar, menunjukan partisipasi badan publik yang ikut dalam monev keterbukaan informasi ini meningkat dari tahun kemarin.

"Sebanyak 394 badan publik yang telah divalidasi sebanyak 272 badan publik atau sebanyak 69,4 persen. Sedangkan tahun kemarin hanya 64 persen saja," kata Nofal Wiska.

Komentar