PMD Kota Pariaman Studi ke Kabupaten Muba

Metro- 07-10-2021 19:45
Kadis PMD Kota Pariaman, Hendri dan jajarannya kunjungi Dinas PMD Kabupaten Muba, Sumsel, Kamis (7/10). (Dok : Istimewa)
Kadis PMD Kota Pariaman, Hendri dan jajarannya kunjungi Dinas PMD Kabupaten Muba, Sumsel, Kamis (7/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

PMD Kota Pariaman Studi ke Kabupaten Muba

Pariaman, Arunala - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Pariaman, Hendri bersama jajaranya lakukan studi komperatif ke Kabupaten Muba (Musi Banyuasin) Sumsel.

Kegiatan itu dilakukan PMD Kota Pariaman ini untuk cari masukan dan sekaligus meninjau cara pengelolaan keuangan desa di kabupaten tersebut.

Baca Juga

"Studi komperatif ini dilakukan untuk melihat penerapan efektivitas penggunaan keuangan desa dalamsuatu sistem pengelolaan keuangan desa, sehingga dana desa yang efektif, efisien, transparan dan akuntable bisa diterapkan," kata Hendri ketika dihubungi, Kamis (7/10).

Hendri menyebutkan alasan pihaknya memilih Kabupaten Muba untuk pengelolaan keuangan desa, karena kabupaten itu tigatahun berturut turut menjadi terbaik secara nasional dalam pengelolaan keuangan desanya.

Ia menambahkan sistem pengelolaan keuangan desa, saat ini diatur melalui Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) yang dirancang BPKP RI, dan hal ini berlaku secara nasional.

"Untuk itu, saya bersama jajaran PMD Kota Pariaman lakukan studi komperatif ke Dinas PMD kabupaten itu, sehingga bisa melihat secara langsung penerapan aplikasi Siskeudes secara online, dan nantinya akan kami adopsi nantinya di Kota Pariaman," jelasnya.

Sejak dilantik jadi Kadis (Kepala Dinas) PMD pada dua minggu yang lalu, Hendri mencanangkan penerapan aplikasi siskeudes secara online bisa terlaksana secepatnya di Kota Pariaman, dan dapat dioperasikan secara tertib, yang artinya, aplikasi ini akan menjamin mulai dari perencanaan, penatausahaan serta pelaporan keuangan desa yang terkelola dengan handal, cepat dan akuntable, ulasnya.

"Kenapa kami memilih Muba, karena Kabupaten Muba adalah yang terbaik dan tercepat nasional dalam menerapkan sistem tersebut. Disamping itu, hal ini juga sejalan dengan inovasi kami di PMD Kota Pariaman, dan Muba telah membentuk sebuah unit layanan untuk klinik konsultasi desa terkait pemecahan masalah pemerintah yang ada di desa," tukas Hendri.

Komentar