Fauzi Bahar Dipercaya Pimpin LKAAM Sumbar

Metro- 17-12-2021 08:01
Dr Fauzi Bahar Dt Nan Sati, MSI terpilih sebagai ketua LKAAM Sumbar baru untuk periode 2021-2026. (Dok : Istimewa)
Dr Fauzi Bahar Dt Nan Sati, MSI terpilih sebagai ketua LKAAM Sumbar baru untuk periode 2021-2026. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar kini milik ketua baru.

Sebelumnya lembaga adat ini dipimpin M Sayuti Datuak Rajo Panghulu, namun setelah musyawarah besar (Mubes) XII dilaksanakan Kamis (16/12), secara mengejutkan mantan Wali Kota Padang dua periode, Fauzi Bahar Datuak Nan Sati terpilih.

Dalam mubes itu, ada 10 calon yang akan memperebutkan posisi ketua di lembaga itu yang dipilih secara voting.

Baca Juga

Para 10 calon itu adalah Syafrizal Ucok Dt Batuah, Jasman Dt Bandaro, M Sayuti Datuak Rajo Panghulu, Fauzi Bahar Datuak Nan Sati dan Yong Hendri Dt Paduko Reno.

Kemudian ada juga nama Epi Radisman, Amri Amir, Budiman Dt Malano Garang, Gustiar Jamal, serta Zulkifli.

"Dalam pemilihan ini, pak Fauzi Bahar terpilih sebagai Ketua LKAAM Sumbar yang baru menggantikan saya yang sudah menjabat dua periode," ujar M Sayuti setelah pemilihan berlangsung hari itu.

Dia menyampaikan Mubes XII LKAAM Sumbar tersebut diikuti oleh perwakilan dari LKAAM kabupaten kota di Sumbar.

"Fauzi Bahar terpilih karena mendapat suara terbanyak dari LKAAM kabupaten kota," lanjut M Sayuti. Dia menerangkan Fauzi Bahar akan menjabat sebagai Ketua LKAAM Sumbar hingga 2026. Serah terima jabatan digelar usai pengurusan LKAAM Sumbar yang lama berakhir pada Maret tahun mendatang.

Sebelumnya, salah seorang panitia Mubes, Musmaizer Datuak Gamuak menyampaikan calon yang akan maju pada pemilihan ketua LKAAM Sumbar itu mengejutkan.

"Awalnya ada lima calon yang muncul, namun seiring makin dekatnya Mubes, jumlahnya bertambah jadi 10 orang," kata Musmaizer.

Dia menyebutkan para kandidat itu semuanya punya basic adat yang kuat dan memahami seluk beluk adat dan juga punya koneksitas dengan berbagai lembaga atau stakeholder.

"Intinya para kandidat itu adalah orang-orang yang punya potensi besar bagi perkembangan LKAAM Sumbar kedepan," pungkas Musmaizer.

Komentar