Danlantamal Tabur Bunga di TMP Rawang

Metro- 14-01-2022 13:03
Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono bersama Wawako Mardison Mahyudin dan Forkopimda setempat saat tabur bunga di TMP ) Kusuma Bangsa, Desa Rawang, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Jumat (14/1). (Dok : Istimewa)
Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono bersama Wawako Mardison Mahyudin dan Forkopimda setempat saat tabur bunga di TMP ) Kusuma Bangsa, Desa Rawang, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Jumat (14/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Peringati Hari Dharma Samudera tahun ini,Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang menggelar ziarah dan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Desa Rawang, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Jumat (14/1).

Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono yang memimpin kegiatan tabur itu mengatakan peringatan inisekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan dan meneladani jiwa patriotisme para pahlawan yang gugur, khususnya dalam pertempuran Laut Aru, 60 tahun yang lalu.

"Sejarah mencatat, pertempuran Laut Aru (Arafuru) antara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) melawan Belanda terjadi di perairan Maluku pada 15 Januari 1962, dimana dalam peristiwa yang kini diperingati sebagai Hari Dharma Samudera, Komodor Yos Sudarso gugur sebagai pahlawan bangsa," ujarnya.

Baca Juga

Komodor Yos Sudarso gugur bersama awak KRI Macan Tutul dalam pertempuran itu, sedangkan KRI Macan Kumbang dan KRI Harimau selamat. Saat Yos gugur dalam Pertempuran Laut Aru tersebut, ia menjabat sebagai Deputi Operasi KSAL, atau orang nomor dua di Angkatan Laut Republik Indonesia.

"Kenapa Kota Pariaman dipilih, karena disini terdapat 36 pejuang TNI AL yang gugur ketika mempertahankan Sumatera Barat (Sumbar) dari pendudukan kembali Belanda pada Agresi Militer II," sebut Endra Sulistiyono .

Kala itu, terangnya, Pariaman jadi salah satu basis kekuatan perjuangan maritim rakyat di Sumbar yang tergabung dalam Tentara Rakyat Indonesia Laut Sumatera Tengah atau Resimen ALRI, yang menjadi cikal bakal ALRI Pangkalan Besar Pariaman," tutupnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin yang hadir dalam kegiatan tabur bunga itu mengatakan dengan adanya upacara ziarah ini, mengukuhkan bahwa Kota Pariaman adalah sebagai Kota Bahari dan Maritim di Indonesia.

"Tercatat dalam sejarah perjuangan ALRI pada masa kemerdekaan, Kota Pariaman mempunyai peran yang strategis, terutama saat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Bukit Tinggi Sumatera Barat periode 1945 -- 1949," tukasnya.

Kegiatan upacara berlangsung khidmat, diawali penghormatan, peletakan karangan bunga serta diakhiri tabur bunga, yang dihadiri jajaran Perwira dan Anggota Lantamal II Padang beserta Ketua dan jajaran Jalasenastri Lantamal II Padang , Kapolres Pariaman, AKBP Abdul Azis, Kajari Pariaman, Azman Tanjung, Danramil 01 Pariaman, Mayor Inf. Irwan T, Asisten II, Elfis Candra, dan tamu lainnya.

Komentar