Alirman Sori: Perusahaan Kelapa Sawit jangan Cari Untung Saja

Metro- 18-05-2022 08:32
Anggota DPD RI Dapil Sumbar, Alirman Sori.(Dok : Istimewa)
Anggota DPD RI Dapil Sumbar, Alirman Sori.(Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala - Anggota DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat (Sumbar), Alirman Sori, mendukung penuh dan mengapresiasi sikap tegas Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, akan menindak tegas pabrik kelapa sawit yang ada di daerahnya.

"Sikap keberpihakan Bupati Dharmasraya kepada rakyatnya itu pantas diapresiasi dalam menyikapi anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS)," ujar Alirman Sori kepada Arunala.com , Rabu pagi (18/5).

Penjelasan Alirman Sori itu berkaitan dengan adanya inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan Sutan Riska ke sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada di kabupatennya pada Selasa (17/5) kemarin.

Baca Juga

Kabar yang didapat Senator asal Sumbar itu, sidak dari Sutan Riska itu dalam rangka menyikapi anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di tingkat petani.

Alirman Sori menyarankan agar kepala daerah di Sumbar yang wilayahnya memiliki perkebunan sawit melakukan langkah yang sama (sidak, red), dan mengingatkan perusahaan kelapa sawit (PKS) tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan petani sawit.

"Anjloknya harga sawit sangat berdampak kepada petani sawit dan untuk tidak menimbulkan gejolak, pemerintah dan pemerintah daerah mesti mengingatkan PKS untuk melakukan penyesuaian harga sesuai harga CPO dunia, jangan sampai harga jual terlalu rendah," tukar Alirman Sori.

"Bila PKS menetapkan harga TBS sesukanya, tidak menyesuaikan dg CPO dunia, senator Alirman Sori, mendukung sikap tegas Bupati Sutan Riska untuk mencabut izinnya," sambungnya lagi.

Menurut Alirman Sori, mantan wartawan Harian Singgalang ini, juga mengingatkan PKS jangan hanya memikirkan diri sendiri dan keuntungan sendiri.

"Para pengusaha itu juga harus memperhatikan petani sawit dengan harga yang pantas dengan menyesuaikan harga CPO dunia," pungkas senator Alirman Sori.

Komentar