Sekko Yota Balad jadi Informan Ahli KI Pusat

Metro- 29-05-2022 19:46
Sekko Pariaman, Yota Balad dalam pertemuannya dengan Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi di Pariaman, Minggu siang (29/5). (Dok : Istimewa)
Sekko Pariaman, Yota Balad dalam pertemuannya dengan Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi di Pariaman, Minggu siang (29/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Sekretaris Kota (Sekko) Pariaman Yota Balad ditetapkan Komisi Informasi (KI) Pusat sebagai satu dari delapan informan ahli pada Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 2022.

Yota Balad nantinya akan memberikan penilaian terhadap potret keterbukaan informasi publik di Sumbar dalam beberapa tahun belakangan.

Terpilihnya dia sebagai satu dari delapan orang di Indonesia sebagai informan ahli dari KI Pusat, ditanggapi antusias oleh Yota Balad.

Baca Juga

"Untuk hal ini (informan ahli, red), saya nyatakan siap, dan saya saya akan beri penilaian terhadap pernyataan di kuisioner A sampai Z yang disiapkan KI Pusat tentang keterbukaan informasi publik (KIP) di Sumbar secara profesional dan proporsional," ujar Yota Balad kepada media seusia ditemui Komisioner KI Sumbar selaku Kelompok Kerja (Pokja) IKIP, Adrian Tuswandi di Pariaman, Minggu siang (29/5).

Bahkan dirinya juga menyatakan siap untuk hadir di FGD untuk menggodok lebih detil lagi soal kuisioner menyangkut KIP di Sumbar ini.

Sementara, Adrian Tuswandi mendukung terpilihnya Sekko Pariaman Yota Balad jadi informan ahli KI Pusat.

"Silakan pak Sekko berikan penilaian secara mandiri dan merdeka tentang kondisi riil KIP di Sumbar hingga hari ini. Pengalaman pak Sekko selaku atasan PPID Utama Kota Pariaman sangat pas menjadi informan ahli IKIP yang menjadi program kerja KI Pusat," ujar Adrian.

Dia melanjutkan, penilaian Yota Balad dan delapan informan ahli IKIP lainnya ini akan masuk google form ke Pokja IKIP pusat.

"Nanti dengan sistim statistik yang dilakukan Pokja IKIP Pusat, akan menghasilkan posisi Indeks Keterbukaan Informasi Sumbar di posisi ke berapa di seluruh Indonesia di tahun 2022 ini. Pada IKIP 2021 lalu, IKIP Sumbar masih nilainya di bawah rata-rata nasional," kata Adrian.

Adrian menambahkan, setelah penilaian kuisioner IKIP diberikan oleh informan ahli, maka pada 10 Juni 2022, Pokja IKIP Pusat akan menggelar FGD IKIP di Padang.

Komentar