DKK Lakukan Tracking dan Tracing WNA di Sejumlah Lokasi

Metro-351 hit 01-06-2020 17:45
Ilustrasi : Virus Corona
Ilustrasi : Virus Corona

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Terdeteksinya satu orang warga negara asing (WNA) asal Irlandia yang positif Covid mengundang pertanyaan, apakah WNA ini terinfeksi Covid saat masih berada di Mentawai atau saat tinggal beberapa hari di Kota Padang.

Terlepas dari itu, tim Satgas Covid Matra Laut Sumbar yang bertugas memonitor lalu lintas kapal dari Mentawai ke Padang dan sebaliknya mengaku tidak tahu persis dari mana WNA itu terpapar.

"Apakah dianya terinfeksi sejak masih di Mentawai atau saat dia sudah berada di Kota Padang itu tidak kami ketahui. Lagian untuk soal adanya pasien yang positif Covid langsung berada di bawah pantauan Dinas Kesehatan baik Mentawai maupun Kota Padang," kata Koordinator tim Satgas Covid Matra Laut Sumbar, Yosmeri saat dihubungi Arunala.com , Senin (1/6).

Baca Juga

Yosmeri menyebutkan tugas dari tim Satgas Covid Matra Laut Sumbar ini memonitor kapal-kapal nelayan dan penumpang yang dicurigai membawa penumpangnya dari Padang menuju Mentawai atau sebaliknya.

"Karena di masa PSBB ini, ada larangan masuk Mentawai untuk sementara waktu," sebut Yosmeri.

Kemudian Yosmeri menyebutkan WNA yang positif Covid itu sudah berada di Kota Padang sejak beberapa hari lalu, dan bukan baru-baru ini tiba dari Mentawai.

Untuk mengetahui lebih jelasnya bagaimana kondisi WNA yang positif Covid itu, Yosmeri menyarankan agar ditanyakan langsung kepada Dinas Kesehatan Kota Padang.

"Disana akan lebih jelas lagi bagaimana kondisi terkini dari WNA tersebut," kata Yosmeri.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Ferimulyani Hamid pada Minggu malam (31/5), membenarkan ada seorang WNA yang positif Covid dan kini sedang jalani masa karantina.

"Pasien asal Irlandia ini sebelumnya sempat berada di Mentawai selama beberapa hari, dan tiba di Padang sekitar lima hari lalu," jelas Kadis ini.

Selama di Kota Padang, lanjutnya, WNA ini menginap di salah satu penginapan di Kota Padang. Dan dia sempat pula menjalani pemeriksaan sampel swab secara mandiri di Rumah Sakit Semen Padang.

"Soalnya si WNA ini mau meninggalkan Kota Padang. Dan kini kami dari Dinas Kesehatan Kota Padang akan menelusuri dimana saja WNA itu singgah selama berada di Kota Padang dan dengan siapa saja yang pernah kontak dengan WNA ini, selama berada di Kota Padang," kata Ferimulyani.

Komentar