SD Baiturrahmah Tumbuhkan Semangat Berhaji sejak Dini

Metro- 28-07-2022 20:01
Murid kelas II SD Baiturrahmah didampingi guru kelas melaksanakan tawaf mengelilingi miniatur Kakbah saat Lomba Manasik Haji, di halaman sekolah, Kamis (28/7). (Foto : Fajril)
Murid kelas II SD Baiturrahmah didampingi guru kelas melaksanakan tawaf mengelilingi miniatur Kakbah saat Lomba Manasik Haji, di halaman sekolah, Kamis (28/7). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaika laa syariika laka labbaik, Innal hamda wan-ni'mata laka walmulka laa syariika laka....Bacaan Talbiyah mengumandang syahdu di SD Baiturrahmah, Padang, Kamis (28/7).

Bukan tanpa sebab, lafal tersebut berasal dari ratusan murid didampingi guru kelas SD Baiturrahmah yang tengah melaksanakan perlombaan manasik haji antar-kelas.

Sebagaimana layaknya menjalankan ibadah haji, semua peserta laki-laki berpakaian ihram yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Sementara peserta perempuan mengenakan pakaian muslimah putih.

Baca Juga

Prosesi perlombaan manasik haji tersebut diawali pelepasan jamaah oleh Pimpinan TK SD Baiturrahmah, Yunafri.

Para jamaah dibagi atas grup per kelas didampingi guru kelas itu pun terlihat bersemangat mengikuti kegiatan yang sudah mereka tunggu-tunggu ini.

Melakukan simulasi rukun haji ditengah panasnya cuaca pada hari itu, ternyata tidak membuat anak-anak hebat ini menurun semangatnya.

Berbekal rasa ingin tahu yang tinggi akan rukun Islam yang kelima, mereka asyik dan menikmati rangkaian demi rangkaian kegiatan manasik haji sampai selesai.

Dalam manasik haji tersebut, miniatur Kabah diletakkan di tengah-tengah halaman SD Baiturrahmah.

Tahapan demi tahapan manasik haji yang dijalankan pun sama persis dengan prosesi ibadah haji yang sesungguhnya.

Diawali dengan pemakaian ihram serta membaca niat. Dilanjutkan jamaah haji yang notabene merupakan murid SD Baiturrahmah didampingi dengan guru kelasnya masing-masing menaiki mobil yang disediakan.

Diibaratkan para jamaah haji tersebut berangkat dari hotel di Makkah menuju Mina. Kemudian wukuf di Arafah yang bertempat di halaman parkir sekolah sebagai miniatur Arafah, bermalam di Muzdalifah, melempar jumrah wustha, aqabah dan ula.

Secara simbolis jamaah manasik haji melaksanakan penyembelihan hewan kurban disertai pemotongan rambut kepada seluruh peserta didik (tahallul). Para jamaah haji pun melaksanakan tawaf mengelilingi miniatur Kakbah di halaman sekolah.

Lalu juga minum air zam-zam. Mereka juga melaksanakan sa'i dari bukit shafa menuju marwah. Kegiatan manasik haji ini ditutup dengan prosesi tawaf wada' (tawaf perpisahan), serta shalat sunnah dua rakaat.

"Dengan mempraktikkan langsung tata cara ibadah haji, diharapkan murid SD Baiturrahmah ini mendapatkan pengalaman yang berkesan berkaitan dengan prosesi ibadah haji di tanah suci Makkah," kata Yunafri.

Ia menyebutkan tujuan dari manasik ini adalah mengenalkan rukun Islam yang kelima melalui pembelajaran secara langsung.

"Dalam hal ini, mulai dari pakaian hingga dekorasi dibuat semirip mungkin dengan ibadah haji sesungguhnya," ungkapnya.

Bahkan, sebut Yunafri, pihaknya menyembelih satu ekor kambing disaksikan murid dan guru.

"Dengan demikian, para murid melihat langsung bagaimana prosesi penyembelihan hewan kurban tersebut," ucap Yunafri.

Ia menjelaskan, ibadah haji sejatinya adalah kewajiban umat muslim bagi yang mampu. Dengan mempelajari tata cara ibadah Haji melalui kegiatan manasik, berarti telah memulai satu langkah menuju tanah suci Makkah.

"Harapan kami, para murid SD Baiturrahmah benar-benar mengetahui dan memahami bagaimana ibadah haji dijalankan. Dan suatu hari nanti anak-anak akan dapat menjalani rangkaian ibadah haji yang sesungguhya," pesannya.

Komentar