SEGEH, Brand Lokal yang Siap Mendunia

Metro- 30-07-2022 19:35
Model memperagakan salah satu koleksi brand SEGEH saat peluncuran brand SEGEH pada Festival Ekonomi Syariah Minangkabau 2022 di Transmart Padang, Sabtu (30/7). (Foto : Fajril)
Model memperagakan salah satu koleksi brand SEGEH saat peluncuran brand SEGEH pada Festival Ekonomi Syariah Minangkabau 2022 di Transmart Padang, Sabtu (30/7). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Indonesia Fashion Chamber (IFC) Padang Chapter membuat gebrakan baru. Enam desainer yang tergabung dalam organisasi nirlaba di bidang mode ini berkolaborasi mengeluarkan brand baru bernama SEGEH.

Para desainer di balik hadirnya brand SEGEH itu yakni Penasihat IFC Padang Chapter Fomalhaut Zamel, Ketua IFC Padang Chapter De' Irma, Berry Mirsha, Rela Tulisia, Ressidona dan Zhio William.

"Sesuai namanya SEGEH dimaksudkan sebagai brand yang beridentitas dari Minangkabau. Kemudian koleksinya mencerminkan tampilan yang rapi, kece, elegan, modernis dan urban," kata Penasihat IFC Padang Chapter, Fomalhaut Zamel, saat meluncurkan brand SEGEH pada Festival Ekonomi Syariah Minangkabau 2022 di Transmart Padang, Sabtu (30/7).

Baca Juga

Saat peluncuran brand tersebut hadir Kepala BI Perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama A, Deputi Kepala BI Perwakilan Sumbar, Gunawan Wicaksono, Ketua IFC Padang Chapter De' Irma, Rela Tulisia, Ressidona dan Zhio William. Pada kesempatan itu juga diadakan fashion show koleksi brand SEGEH.

SEGEH, sebut Fomal, mengambil bahan wastra lokal salah satunya tenun. SEGEH memposisikan diri sebagai pakaian siap pakai atau ready to wear atau pret a porter.

"Pada debut kali ini SEGEH yaitu fall winter 22/23 dengan mengeluarkan koleksi dengan siluet loose atau longgar. Dengan warna-warna earth tone dan musim gugur. Seperti cokelat tua, hijau lumut, greyblue, dan lainnya. Tenun yang dipakai adalah tenun Sumbar menggunakan warna benang tembaga," ungkapnya.

Ia bersyukur kehadiran brand SEGEH ini mendapat dukungan dari Bank Indonesia Perwakilan Sumbar. Apalagi ini sejalan dengan target BI Sumbar yang mengangkat tenun Sumbar agar menasional.

"Ini sebuah suntikan semangat bagi kami para desainer untuk tiada berhenti berkarya dan mengangkat tenun Sumbar. Dan, diharapkan dengan hadirnya brand SEGEH ini bisa menasional dan mendunia," harap suami finalis Liga Dangdut Indonesia (LIDA), Rofikoh Isnaini ini.

Ia menyebutkan, harga produk brand SEGEH berada dikisaran Rp350 ribu hingga Rp750 ribu. Produk bisa dibeli melalui penjualan online di Instagram atau platform penjualan marketplace.

"Produk SEGEH juga direncanakan akan masuk ke Sarinah Mall Jakarta," ucap Fomal.

Ditambahkan Ketua IFC Padang Chapter, De' Irma, dengan menggunakan produk SEGEH memperlihatkan individu yang maju sekaligus yang ingin tampil dinamis dan bebas, serta percaya diri.

"Tentunya akan bangga menggunakan warisan leluhur dengan caranya sendiri. Dan berciri kehidupan kekinian," paparnya.

Sementara itu, Kepala BI Perwakilan Sumbar Wahyu Purnama A mengatakan kehadiran brand SEGEH setidaknya ikut andil mengembangkan tenun Minang sebagai salah satu identitas Sumbar. Apalagi Sumbar memiliki produk unggulan berupa songket dan tenun.

"Dengan kolaborasi enam desainer tergabung dalam IFC Padang Chapter ini, dapat mengangkat tenun yang bisa dipakai untuk keseharian. Bukan lagi untuk acara-acara pesta atau berat. Ini sekaligus salah satu upaya para kawula muda mengenakan dan mencintai tenun. Ayo pakai tenun Minang, kalau bukan kita siapa lagi," ajak Wahyu Purnama A.

Komentar