Alirman Sori Apresiasi Langkah Cepat Polda Sumbar

Metro- 13-10-2022 12:16
Anggota DPD RI, asal Dapil Sumbar, Alirman Sori. (Dok : Istimewa)
Anggota DPD RI, asal Dapil Sumbar, Alirman Sori. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala.com - Tindak penangkapan terduga pelaku penambangan emas tanpa izin (PETI) yang dilakukan Tim gabungan Polda Sumbar dan Polres Pasaman Barat (Pasbar), pada Kamis dini hari (13/10), mendapat apresiasi dari Anggota DPD RI, Alirman Sori.

Kepada Arunala.com pada Kamis siang (13/10), Anggota DPD asal daerah pemilihan Sumatera Barat (Sumbar) ini, menyebutkan tindakan cepat pengamanan yang dilakukan Polda Sumbar bersama jajarannya memang patut diapresiasi.

"Soalnya, informasi tentang adanya aktivitas PETI di Kabupaten Pasbar itu sudah santer, bahkan saya dalam beberapa hari lalu juga meminta pihak Pemprov Sumbar dan Polda bentuk tim gabungan untuk menindak aktivitas PETI, tidak saja di Pasbar, tapi juga penindakan sama juga harus dilakukan di Solok Selatan yang juga ditenggarai banyaknya tambang emas ilegal di sana dan daerah lainnya di Sumbar," kata Senator Alirman Sori ini.

Baca Juga

Hal lainnya disampaikan Alirman Sori, bahwa penindakan aktivitas PETI jangan hanya menyentuh pelaku di lapangan saja.

"Soalnya dari informasi yang dia dapat, aktivitas ini ditenggarai juga terlibat oknum-oknum berpengaruh karena jabatan dan kekuasaannya. Bahkan saya juga dapat informasi ada istilah/kode khusus yang para pelaku PETI yakni uang "payuang". Ini perlu juga didalami tim terpadu bentukan pemprov dan Polda Sumbar, apakah itu benar atau tidak istilah tersebut," terang Alirman Sori.

Dirinya menilai, adanya tim terpadu pemprov dan Polda ini jelas cukup efektif dalam operasi cegah, tangkal dan upaya penegakan hukum dalam memberangus aktivitas PETI itu.

Disamping itu, Alirman Sori kembali mengimbau masyarakat tidak usah takut melaporkan kalau ada hal-hal dapat merugikan kepentingan daerah.

"Apapun bentuk kegiatan eksploitasi kekayaan alam yang tidak memiliki izin harus dihentikan, karena berdampak secara luas kalau tidak kelola sesuai tata kelola penambangan," pungkas Alirman Sori.

Sebelumnya, pada Kamis dini hari (13/10), enam terduga pelaku PETI di Pasbar, tepatnya di areal aliran Sungai Astra Muaro kiawai Kecamatan Gunung Tuleh, Pasbar. Penangkapan ini dibenarkan Dir Reskrimsus Polda Sumbar Kombes Pol Adip Rojikan pada Kamis pagi itu.

Komentar