Kini Bayar Iuran BPJAMSOSTEK Bisa Lewat Bank Nagari

Metro- 14-10-2022 21:19
Direktur Keuangan Bank Nagari Sania Putra dan Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Asep Rahmat Suwandha memperlihatkan perjanjian kerja sama. Turut disaksikan Direktur Utama (Dirut Bank) Nagari Muhamad Irsyad. (Dok : Istimewa)
Direktur Keuangan Bank Nagari Sania Putra dan Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Asep Rahmat Suwandha memperlihatkan perjanjian kerja sama. Turut disaksikan Direktur Utama (Dirut Bank) Nagari Muhamad Irsyad. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Bank Nagari terus berupaya menjalin memberikan pelayanan serta kemudahan bagi nasabah maupun masyarakat Sumbar.

Salah satunya diwujudkannya kerja sama antara Bank Nagari dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) tentang Penerimaan Iuran Peserta BPJS Ketenagakerjaan, di Pangeran Beach Hotel, Padang, Jumat (14/10).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan Direktur Keuangan Bank Nagari Sania Putra dan Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Asep Rahmat Suwandha. Turut disaksikan Direktur Utama (Dirut Bank) Nagari Muhamad Irsyad.

Baca Juga

"Penandatanganan kerja sama ini sebagai bentuk upaya kami memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah maupun kepada masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Dimana, untuk pembayaran iuran BPJAMSOSTEK sudah bisa dilakukan melalui Bank Nagari," kata Direktur Utama Bank Nagari, Muhamad Irsyad.

Dengan kerja sama ini, sebut Irsyad, iuran BPJS Ketenagakerjaan dua bulan terakhir, sudah bisa ditransaksikan ke rekening yang ada di Bank Nagari.

"Nominal yang kami bayarkan Rp1,5 miliar setiap bulannya," ucap Irsyad.

Menurut data, jumlah transaksi yang sudah dilakukan sejak PKS ini ditandatangani adalah sebanyak 614 transfer dengan nominal Rp720 juta dilakukan melalui channel digital. Sedangkan melalui teller bank, sudah dilakukan 505 transaksi dengan nominal Rp3,9 miliar.

"Keseluruhan transaksi ini dilakukan tanpa pungutan biaya tambahan dari bank," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Asep Rahmat Suwandha menyambut baik kerja sama ini.

"Terima kasih atas kerja sama ini, harapan kita akan mendapat output ke depannya. Hal pertama yang ingin kami lakukan adalah memperluas kanal daftar dan bayar. Jadi pekerja, misalnya saya nasabah yang ingin menjadi peserta, cukup daftar di Bank Nagari dan bayar. Termasuk harapannya auto debit, jadi tidak perlu datang tiap bulan untuk membayar," harap Asep.

Ia menjelaskan sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, pihaknya mengharapkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) ataupun kegiatan lain yang dilakukan oleh Bank Nagari.

Tentunya dapat menambahkan persyaratan calon penerima yakni terlindungi BPJAMSOSTEK pada program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

"Kita juga mengembangkan Jaminan Sosial layanan Syariah, sementara sudah jalan di Aceh karena memang Qanun-nya mengatakan demikian. Kita harapkan Bank Nagari bisa memberikan pelayanan syariah baik dari sisi pendaftaran, kemudian pembayaran dan pembayaran manfaatnya. Saya berharap seluruh cabang BPJS Ketenagakerjaan memanfaatkan kerja sama ini," ujarnya. (*)

Komentar