Tiga Partai Besar Beri Sinyal bagi Yutris - Yefri

Metro-192 hit 26-06-2020 23:30
Ilustrasi : Pemilihan Serentak 2020
Ilustrasi : Pemilihan Serentak 2020

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Solok, Arunala - Tiga partai politik (Parpol) besar di Kota Solok yakni Golkar, PAN dan Demokrat tampaknya memberi sinyal dukungan mereka kepada Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok, Yutris Can dan Irman Yefri Adang, untuk maju Pilwako Solok pada 9 Desember 2020 mendatang.

Itu terlihat dengan hadirnya tiga petinggi partai di Kota Solok yakni Ketua DPD Partai Golkar Yutris Can, Ketua DPD PAN Jon Hendra serta DPC Partai Demokrat Rizal Ilyas Dt Lawik Basa dalam gelaran silaturahmi yang diadakan di Rumah Dinas Ketua DPRD Kota Solok, Rabu malam (24/6) lalu.

Awalnya silaturahmi hanya dihadiri beberapa orang saja. Sebab, selain tokoh politik Kota Solok dan sejumlah pengurus partai, relawan pendukung diminta hanya dihadiri dua orang per relawan. Kenyataannya, silaturahmi ini justru mendapat antusiasme pendukung bakal pasangan calon ini.

Baca Juga

Dengan banyaknya yang hadir saat silaturahmi itu, Yutris Can dan Irman Yefri Adang, mengaku sangat terharu.

Yutris Can menyebut, sejak dia menyatakan siap maju di kontestasi Pilkada Kota Solok 2020, dia bersama Irman Yefri Adang, diserang berbagai macam isu.

"Misalnya dikatakan urung maju, koalisi pecah, ketiadaan partai pendukung, hingga isu yang bersifat pribadi, seperti tidak mampu, isu arogan, hingga dituding terlibat korupsi," kata Yutris.

Menurutnya, itu tentunya tantangan untuk membuktikan ikhtiar, komitmen dan integritas. Tapi yang jelas, kebenaran akan selalu mencari jalannya sendiri. Berbagai isu, tudingan, propaganda adalah bagian dari perjuangan berdemokrasi.

"Tidak perlu membalas isu dengan isu, apalagi melukai saudara-saudara kita dengan tudingan dan propaganda. Jangan membalas sesuatu yang buruk dengan keburukan pula. Tapi fokuslah bekerja memberikan pemahaman dan kesadaran ke masyarakat untuk bersama-sama dengan niat membangun Kota Solok menjadi lebih baik," ujar Yutris Can.

Sedangkan Irman Yefri Adang menambahkan, dulu Pemko Solok telah meletakkan pondasi kuat dalam membangun kota itu. Menurutnya, hal itu harus jadi cerminan bagi seluruh masyarakat. Hal-hal fundamental yang dibangun, terutama di masa pemilihan langsung sejak 2005 di Kota Solok, harus diperkuat dan segala kekurangan dan kelebihan harus menjadi bahan evaluasi.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pak Syamsu Rahim (Wali Kota Solok periode 2005-2010), Pak Irzal Ilyas (Wali Kota periode 2010-2015) hingga Pak Zul Elfian (2016-2021). Mereka telah letakkan pondasi pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dengan segala kelebihan dan kekurangan masing-masing," sebutnya.

Irman Yefri Adang memisalnya, pada periode Wali Kota Irzal Ilyas, berkerja cukup tegas.

"Tapi di zaman beliau lah, masyarakat Kota merasakan sekolah gratis di seluruh tingkatan di, pengobatan gratis bagi seluruh masyarakat, bahkan prediket Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Kota Solok, pertama kali diraih," ujar Irman.

Sementara pendapat tiga ketua partai di Kota Solok itu, sama-sama mengakui bapaslon Yutris Can dan Irman Yefri Adang merupakan pasangan yang paling ideal dan komplet serta perlu lebih banyak turun ke masyarakat.

Komentar