Leonardy Serahkan 2.988 Syarat Minimal Dukungan

Metro- 27-12-2022 13:26
Senator Leonardy Harmainy menerima berita acara penyerahan berkas syarat dukungan anggota DPD dari komisioner KPU Sumbar Gebril Daulai, di aula kantor KPU Sumbar, Selasa (27/12). (Foto : Arzil)
Senator Leonardy Harmainy menerima berita acara penyerahan berkas syarat dukungan anggota DPD dari komisioner KPU Sumbar Gebril Daulai, di aula kantor KPU Sumbar, Selasa (27/12). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com -Memperjuangkan aspirasi daerah, jadi alasan utama bagi senator Leonardy Harmainy untuk kembali mencalon sebagai anggota DPD RI di pemilihan 2024 mendatang.

Keinginan mencalonkan diri kembali itu ditunjukkan Leonardy dengan menyerahkan berkas persyaratan dukungan secara fisik kepada KPU Sumbar, Selasa (27/12).

Saat datang ke KPU, Senator Leonardy Harmainy Datuak Bandaro Basa didampingi sejumlah tim pendukungnya, dan diterima oleh tiga komisioner KPU Sumbar, masing-masing Gebril Daulai sekalu koordinator penerima syarat dukungan, kemudian Amnasmen serta Yuzalmon.

Baca Juga

Saat penyerahan minimal syarat dukungan bakal calon anggota DPD itu, Leonardy menyerahkan sebanyak 2.988 dukungan pemilih yang tersebar di 12 kabupaten dan kota di Sumbar.

Jumlah dukungan dan sebaran tersebut, sebut Leonardy, melebihi syarat minimal yang diatur UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Di sisi lain, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPD RI ini menjelaskan alasan dirinya kembali mencalon ke DPD RI.

"Saya ingin maju kembali untuk memperkuat DPD RI dalam memperjuangkan aspirasi daerah. Sehingga apa yang diinginkan masyarakat, khususnya bidang pembangunan dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Leonardy, Senator asal Sumbar sangat mewarnai dalam pengambilan kebijakan di DPD RI, termasuk dalam pengawasan dan pembahasan Rancangan Undang Undang serta berbagai kegiatan di DPD RI, kendati kewenangan dari DPD masih terbatas.

"Meski begitu, penetapan APBN belum bisa disetujui kalau belum ada pertimbangan DPD RI," ungkap Leonardy lagi.

Ke depan, Leonardy berharap anggota DPD RI asal Sumbar lebih mewarnai lagi dalam pengambilan kebijakan di DPD RI, khususnya dalam memperkuat kelembagaan DPD RI.

"Tentunya saya berharap terpilih kembali, karena banyak program yang harus dilanjutkan, baik untuk pembangunan Sumbar maupun kelembagaan DPD RI," pungkas Leonardy.

Adapun syarat minimal dukungan yang diserahkan Loenardy Harmainy di hari itu, dinyatakan lengkap KPU Sumbar yang dibuktikan dengan keluarnya berita acara nomor.109/PL.01.04-BA/13/2022 tentang penerimaan persyaratan dukungan minimal pemilih bakal calon anggota DPD Provinsi Sumbar.

Komentar