Calon PPS Lulus CAT, Segera Ikuti Tes Wawancara

Metro- 09-01-2023 14:56
Sejumlah Ketua KPU kabupaten kota di Sumbar saat lakukan penandatanganan kinerja se Sumbar di aula kantor KPU Sumbar, Senin (9/1). (Foto : Arzil)
Sejumlah Ketua KPU kabupaten kota di Sumbar saat lakukan penandatanganan kinerja se Sumbar di aula kantor KPU Sumbar, Senin (9/1). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Ribuan calon pendaftar anggota panitia pemungutan suara (PPS) se Sumbar, selesai mengikuti ujian tertulis dengan menggunakan sistem computer asisted test (CAT), Jumat (6/1) kemarin.

Dan direncanakan jelang tanggal 14 Januari 2023 ini, hasil peserta yang lulus CAT akan diumumkan oleh KPU masing-masing kabupaten kota di Sumbar.

Anggota KPU Sumbar, Izwaryani menyebutkan, ada 18 kabupaten kota yang laksanakan ujian tertulis secara CAT.

Baca Juga

"Sedangkan satu daerah lainnya yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai laksanakan ujian tertulis dengan sistem hybrid. Dimana dua kecamatan di kabupaten itu yakni Sipora Utara dan Sipora Selatan gunakan sistem CAT, dan delapan kecamatan yang lain melaksanakan ujiannya secara manual," kata Izwaryani di Padang, Senin (9/1).

Dia menerangkan alasan secara hybrid ujian tertulis yang dilaksanakan di delapan kecamatan di Mentawai itu karena ada kendala jaringan dan ketersediaan perangkat.

Tiga Kali Kebutuhan

Sementara Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra kepada Arunala.com menyebutkan, di Kota Padang, ada sebanyak 1.293 calon yang ikuti ujian tertulis menggunakan sistem CAT, yang diselenggarakan KPU Kota Padang pada Jumat - Sabtu (6-7/1) kemarin.

"Direncanakan kami akan umumkan hasil ujian CAT itu sekitar Kamis (12/1) nanti," kata Riki. Dia menambahkan, jumlah calon anggota PPS yang akan ditetapkan nantinya setelah ujian CAT itu sebanyak 900 orang.

"Jumlah itu merupakan tiga kali kebutuhan. Nantinya jumlah 900 orang PPS ini akan menjalani tes wawancara dari pihak KPU pada Sabtu (15/1) nanti," ungkap Riki.

Di Kota Padang sendiri, terang Riki, ada 104 kelurahan, dan tiap kelurahan nantinya akan ada tiga orang PPS.

Jika ditotalkan akan ada sebanyak 312 anggota PPS terpilih yang nantinya membantu kami (KPU, red) dalam pelaksanaan pemilu 2024 ini," kata Riki Eka Putra.

Komentar