Hari Minggu, Putusan Sengketa Pilgub Dibacakan

Metro-289 hit 13-08-2020 07:55
Musyawarah terbuka pemohon dan termohon dengan agenda penyampaian hasil kesimpulan masing-masing pihak di Bawaslu Sumbar, Rabu malam (12/8).(Dok : IStimewa)
Musyawarah terbuka pemohon dan termohon dengan agenda penyampaian hasil kesimpulan masing-masing pihak di Bawaslu Sumbar, Rabu malam (12/8).(Dok : IStimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Agenda pembacaan kesimpulan atas sengketa Pilgub Sumbar 2020 antara kuasa hukum bapaslon Fakhrizal - Genius Umar (FaGe), Virza Benzani sebagai pelapor dan KPU Sumbar (pihak terlapor) pada musyawarah terbuka di Bawaslu Sumbar pada Rabu malam (12/8), berjalan cukup singkat di banding dari musyawarah terbuka hari sebelumnya yang berlangsung hingga Rabu dini hari.

Hal ini terjadi, karena kedua pihak yang bersengketa yakni pemohon dan termohon sama-sama tidak membacakan hasil kesimpulan mereka masing-masing atas sengketa Pilgub yang sedang berjalan di Bawaslu Sumbar.

Dalam musyawarah terbuka yang dipimpin Surya Efitrimen selaku ketua majelis dan empat anggota Bawaslu Sumbar lainnya, terlihat kedua pihak baik pemohon dan termohon sama-sama menyerahkan berkas kesimpulan mereka kepada majelis musyawarah.

Baca Juga

Penjelasan kuasa hukum FaGe, Virza Benzani kepada wartawan usai penyerahan berkas kesimpulannya membenarkan pihaknya tidak membacakan hasil kesimpulan permohonan sengketa yang diajukan.

"Meski tidak dibacakan hasil kesimpulan, namun saya menganggap hal itu sudah dibacakan," kata Virza Benzani seusai sidang musyawarah terbuka Rabu malam.

"Dengan telah diserahkannya kesimpulan dari permohonan itu, kami tinggal menunggu hasil putusan musyawarah sengketa pilgub ini dari Bawaslu yang akan dibacakan Minggu (16/8) pukul 14.00 nanti," sebut Virza Benzani.

Hal yang saja juga ditegaskan ketua majelis musyawarah terbuka, Surya Efitrimen menyebut para pihak telah serahkan hasil kesimpulan mereka masing-masing perihal perkara sengketa pilgub itu.

"Pada musyawarah terbuka malam tadi, kesimpulan pihak pemohon dan termohon, telah diserahkan kepada majelis. Selanjutnya majelis akan bacakan putusan pada Minggu (16/8) nanti," kata Surya Efitrimen.

Terpisah, tiga anggota KPU Sumbar yang hadir dalam musyawarah terbuka yakni Yanuk Sri Mulyani, Gebril Daulai dan Izwaryani, belum didapat jawabannya.

Sementara penjelasan Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Sumbar, Aan Wuryanto tadi agenda musyawarah terbuka itu pembacaan hasil keputusan.

"Namun kami dan pemohon sama-sama menyerahkan hasil kesimpulan masing-masing ke pihak majelis, dan dianggap sudah dibacakan. Jadi kini hanya menunggu hasil pembacaan putusan sengketa dari majelis musyawarah pada Minggu (16/8)," kata Aan Wuryanto.

Komentar