Inyiak Canduang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Metro-82 hit 22-08-2020 17:06
Gubernur Irwan Prayitno bersama Anggota DPD RI Leonardy Harmainy saat ikuti webinar Tarbiyah-Perti dalam rangka HUT RI ke-75 dan haul ulama Syekh Sulaiman Ar-Rasuli ke-50, Sabtu (22/8). (Dok : Istimewa)
Gubernur Irwan Prayitno bersama Anggota DPD RI Leonardy Harmainy saat ikuti webinar Tarbiyah-Perti dalam rangka HUT RI ke-75 dan haul ulama Syekh Sulaiman Ar-Rasuli ke-50, Sabtu (22/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengaku bangga dan mengapresiasi Tarbiyah-Perti salah satu ormas Islam besar di Indonesia yang asal mula berdirinya di Sumbar.

Hal ini disampaikannya saat membuka acara Webinar Tarbiyah-Perti dalam rangka HUT RI ke-75 dan haul (hari wafatnya) ulama Syekh Sulaiman Ar-Rasuli ke-50, Sabtu (22/8).

"Tentunya ini menjadi aset dan kebanggaan Sumbar karena daerah ini dapat berkontribusi di pentas nasional, melakukan perjuangan pergerakkan dakwah dalam bidang pendidikan, budaya dan sosial kepada umat dan masyarakat Indonesia," ujar Irwan.

Baca Juga

Syeikh Sulaiman Ar-Rasuli yang lebih dikenal dengan Inyiak Canduang merupakan ulama besar dari Sumbar (ranah minang, red) dan pendiri Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Canduang.

"Sumbar secara presentasi terbanyak se-Indonesia yang sudah menyumbangkan tokoh minang menjadi tokoh Nasional. Sudah 15 (lima belas) orang tokoh. Dan sekarang diusulkan pula Inyiak Canduang menjadi Pahlawan Nasional," kata Irwan.

Dirinya mengaku bangga dengan pengusulan Inyiak Canduang ini menjadi Pahlawan Nasional.

Irwan menilai, Syeikh Sulaiman Ar-Rasuli tokoh besar dari Sumbar, melihat perjuangan serta pengorbanannya sudah layak diberikan anugerah Pahlawan Nasional.

Pemprov Sumbar, sambung Irwan, selalu semangat dan mendukung penuh prosedur yang harus dilalui untuk pengusulan Syekh Sulaiman Ar-Rasuli menjadi Pahlawan Nasional ini.

"Saat ini proses sudah berada di Kementrian Sosial. Mudah-mudahan tahun depan sudah dikukuhkan menjadi Pahlawan Nasional," terang Irwan.

Turut juga hadir dalam acara Webinar Tarbiyah-Perti dalam rangka HUT RI ke-75 dan haul ulama Syekh Sulaiman Ar-Rasuli ke-50, antara lain Anggota DPD RI Leonardy Harmainy, Direktur K2KRS Kementerian Sosial Joko Irianto, akademisi UNP Sufyarma Marsidin, Pengurus DPD Tarbiyah-Perti Sumbar Basri Bermanda, dan Boy Lestari Datuak Palindih. (rel)

Komentar