FaGe Terbanyak, NA-IC Paling Sedikit

Metro-145 hit 27-09-2020 19:26
Gedung KPU Provinsi Sumatera Barat.
Gedung KPU Provinsi Sumatera Barat.

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Empat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar telah menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) mereka dalam bentuk Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) kepada KPU Sumbar, Jumat malam (25/9).

Dari data LADK yang terlihat, dari empat Paslon gubernur dan wakil gubernur itu menunjukan paslon nomor urut 3 yakni Fakhrizal-Genius Umar (FaGe) saldo awal dana kampanye terbanyak dari tiga paslon lainnya.

Dalam pelaporan LADK itu, Paslon FaGe memiliki saldo awal sebesar Rp200 juta, sedangkan paslon nomor urus 1 yaitu Mulyadi-Ali Mukhni, dan paslon nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy masing-masing memiliki saldo awal kampanye sebesar Rp10 juta.

Baca Juga

Sedangkan untuk paslon Paslon nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri (NA-IC) paling sedikit laporan awal dana kampanyenya yakni sebesar Rp1.000.000.

Dana awal kampanye paslon itu diunggah KPU Sumbar dalam laman Facebook dan juga website KPU Sumbar pada Sabtu (26/9). Rincian dana itu tertuang dalam surat pengumuman bernomor 430/PL.02.05-Pu/13/Prov/IV/202

Penjelasan Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Sumbar, Aan Wuriyanto menyebutkan setiap paslon memang wajib membuka rekening khusus dana kampanye mereka.

"Para paslon mendaftarkan rekening khusus kampanye itu dilakukan sepanjang Jumat sore hingga malam pukul 21.15 WIB," kata Aan Wuriyanto ketika dihubungi Arunala.com , Minggu siang (27/9).

Dia menerangkan rekening khusus kampanye yang dibuka masing-masing paslon pada bank umum itu untuk keperluan dana kampanye oleh partai politik atau gabungan partai politik pengusung pasangan calon.

"Kemudian, pasangan calon wajib menyampaikan laporan awal dana kampanye (LADK) paling lambat tiga hari sejak ditetapkan sebagai paslon oleh KPU," kata Aan Wuriyanto.

Komentar