236 Badan Publik Perebutkan Predikat Informatif

Metro-57 hit 24-11-2020 13:17
KI Sumbar Gelar Anugerah Keterbukaan Informasi 236 Badan Publik Perebutkan Predikat Informatif
KI Sumbar Gelar Anugerah Keterbukaan Informasi 236 Badan Publik Perebutkan Predikat Informatif

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sebanyak 236 badan publik (BP) di Sumbar akan memperebutkan prediket badan publik informati, dalam anugerah keterbukaan informasi publik 2020 yang diadakan Komisi Informasi (KI) Sumbar.

Pada anugerah kali ke-6 ini ada 10 kategori penilaian BP yang diadakan KI Sumbar, di Hotel Grand Zuri Padang, Rabu besok (25/11).

"Penilaiannya ada 10 kategori, dan dari semua kategori itu ada 16 badan publik yang akan nantinya dinobatkan sebagai badan publik informati," kata Komisioner KI Sumbar Bidang Kelembagaan Tanti Endang Lestari kepada Arunala.com di Padang, Selasa (24/11).

Baca Juga

Kegiatan ini, sebutnya, dibuka oleh Gubernur Sumbar dan dihadiri oleh pimpinan badan publik se Sumbar.

"Tahun lalu ada 13 badan publik dianugerahi berpredikat informatif, tahun ini mengalami peningkatan menjadi 16 badan publik, badan publik apa saja ? tunggu pengumumannya," kata Tanti yang juga sebagai ketua panitia monitoring dan evaluasi badan publik 2020.

Komisi Informasi Sumbar, lanjut dia, mengapresiasi badan publik yang terus berkomitmen dalam keterbukaan informasi sebagaimana implementasi UU No. 14 Tahun 2008.

Dalam tahapannya, imbuh Tanti, Ki Sumbar sebelumnya sudah melakukan proses penilaian, mulai dari verifikasi kuisioner, website, data dukung, visitisasi dan presentasi oleh badan publik.

"Hasilnya 16 badan publik dinyatakan berpredikat informatif," tukas Tanti.

Kegiatan Anugerah kali ini, sambung dia, digelar KI sebagai bentuk apresiasi kepada badan publik yang bekerja tanpa lelah di tengah pandemi, dalam menjalankan keterbukaan informasi publik.

"Dalam pelaksanaan Anugerah Keterbukaan Informasi kali ini, kami menerapkan protokol kesehatan ketat seperti wajib pakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," kata Tanti.

Komentar