KPU dan Pemda Fasilitasi Swab Petugas KPPS

Metro- 01-12-2020 20:50
ilustrasi Rapid Test (Dok : Istimewa)
ilustrasi Rapid Test (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

KPU dan Pemda Fasilitasi Swab Petugas KPPS

Padang, Arunala -- Banyaknya ditemukan petugas KPPS di Kota Padang yang hasil rapid test mereka reaktif, berujung dengan mewajibkan petugas ini mengikuti uji swab/PRC.

Hanya saja, untuk pembiayaan uji swab bagi petugas KPPS yang reaktif itu, banyak dipertanyakan publik. Soalnya KPU hanya menyediakan anggaran untuk rapid test saja.

Baca Juga

Menjawab pertanyaan publik itu, Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra mengatakan ada solusinya baik dalam peraturan KPU, Pergub maupun Perwako, yang mengatur tentang protokol kesehatan (Prokes).

Dalam Pergub dan Perwako itu, terang dia, orang yang sudah dilakukan rapid test dan berstatus reaktif, maka dilanjutnya dengan uji swab pemeriksaannya. Dan itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah lagi.

"Untuk hal yang serupa ini, kami dari KPU Padang sudah koordinasi dengan pemko setempat menyangkut pembiayaan swab ini, dan pemko menyanggupi," kata Riki Eka Putra.

Hal ini diperkuat penegasan Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani dengan menerangan untuk pembiayaan uji swab para petugas KPPS di 19 kabupaten kota di Sumbar ini, ada sebagiannya di fasilitasi oleh pemda setempat.

"Kalau pun ada di antara pemda itu yang tidak sanggup memfasilitasi untuk uji swab anggota KPPS yang reatif itu, maka anggarannya di tanggung KPU yang bersumber dari APBN," kata Izwaryani.

Ditanya apakah dana APBN itu mencukupi bagi KPU Sumbar apabila banyak petugas KPPS yang harus uji swab karena hasil rapid test mereka reaktif? Izwaryani menjawab, sampai saat ini masih mencukupi.

"Alasannya banyak dari pemda di masing-masing kabupaten kota yang memfasilitasi petugas KPPS itu untuk lakukan uji swab," kata Izwaryani.

Diketahui, secara keseluruhan jumlah petugas KPPS yang rekrut KPU sebanyak 87.836 orang petugas, mereka nantinya akan bertugas di 12,548 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kabupaten kota di Sumbar.

Komentar