16 Petugas KPPS Positif Covid

Metro-316 hit 01-12-2020 22:51
Komisioner KPU Sumbar Izwaryani (Dok ; Istimewa)
Komisioner KPU Sumbar Izwaryani (Dok ; Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Sedikitnya 16 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dinyatakan positif Covid-19. Hasil ini berdasarkan rekap sementara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada Selasa (1/12).

Sedangkan jumlah petugas KPPS yang telah menjalani rapid test hingga hari itu, sudah mencapai ribuan orang dari 87.836 orang yang ada di kabupaten kota di Sumbar.

"Memang sementara ini, kami mendapati ada 16 orang petugas KPPS yang positif Covid-19. Ini diketahui setelah hasil uji swab mereka keluar hari ini (Selasa,red)," kata Izwaryani saat dihubungi Arunala.com , Selasa malam (1/12).

Baca Juga

Dia menyebutkan, jumlah petugas KPPS yang menjalani rapid test akan terus bergerak hingga proses rapid test bagi KPPS itu berakhir beberapa hari kedepan.

Kemudian bagi TPS yang diketahui ada petugasnya lebih dari dua orang positif Covid, Izwaryani menyebutkan, langkahnya akan dilakukan penggantian semua petugas KPPS-nya, untuk kemudian dilakukan rekrutmen KPPS yang baru, namun harus tetap mengikuti prosedur rekrutmen yang ada.

"Namun, jika dalam satu TPS itu diketahui cuma satu atau dua petugasnya yang positif, maka tidak dilakukan penggantian. Mereka tetap lanjut dengan lima orang KPPS saja. Sedangkan petugas yang positif itu tidak dibenarkan datang ke TPS lagi," kata Izwaryani.

Ditanya apakah ada petugas di satu TPS yang diganti seluruhnya karena lebih dari dua orang petugasnya terpapar Covid? Izwaryani menjawab memang ada.

Hanya saja dia mengaku belum tahu persis di TPS mana saja dilakukan penggantian itu.

"Data yang kami dapat ada beberapa TPS yang petugasnya tinggal kurang dari lima orang saja. Sebab beberapa orang teman mereka di TPS itu berstatus positif Covid. Dan kini sedang dijalankan penggantian," kata Izwaryani.

Komentar