Tersangkut Karang, Kapal Perintis Kandas di Tuapejat

Metro-419 hit 02-12-2020 15:21
Tim SAR gabungan Mentawai lakukan evakuasi kepada penumpang Kapal Perintis Sabuk Nusantara 37 pasca kandasnya kapal ini di Tuapejat, Rabu pagi (2/12). (Dok : Istimewa)
Tim SAR gabungan Mentawai lakukan evakuasi kepada penumpang Kapal Perintis Sabuk Nusantara 37 pasca kandasnya kapal ini di Tuapejat, Rabu pagi (2/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Kapal perintis antarpulau Sabuk Nusantara 37 yang melayani rute Padang dan beberapa pulau kecil sepanjang perairan Sumbar, kandas pada Rabu pagi (2/12).

Kapal ini kandas setelah tersangkut di karang yang ada di sekitar dermaga Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kepulauan Mentawai.

Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal menyebutkan dalam siaran pers yang diterima Arunala.com , Rabu siang (2/12) menyebutkan kejadian kandasnya kapal perintis itu yakni pada Rabu pagi.

"Awalnya kami dapat laporan kapal kandas itu dari masyarakat pada Rabu pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Sementara kejadiannya sendiri terjadi setengah jam sebelumnya," kata Akmal.

Begituu laporan diterima, Akmal mengaku segera menuju lokasi kejadian bersama tim SAR gabungan Mentawai.

Kronologisnya, kapal yang membawa 14 orang penumpang dan 20 ABK ini sedianya akan bertolak dari dermaga Tuapejat menuju Pelabuhan Panasahan, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

"Namun belum lama berlayar, atau sekitar pukul 09.30 tiba-tiba kapal perintis ini kandas di karang yang ada dekat dermaga Tuapejat dengan koordinat 2 1'46.48"S - 9935'44.78"E," jelas Akmal.

Terhadap penumpang kapal yang kandas itu, Akmal menyebutkan sudah dilakukan evakuasi kembali ke dermaga.

"Sebanyak 14 penumpang dievakuasi dengan kapal KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai. Sedangkan 20 ABK Sabuk Nusantara 37 tetap tinggal di kapal menunggu air pasang naik. Baru pukul 13.45 WIB, kapal Sabuk Nusantara ini kembali bisa beroperasi," kata Akmal.

Komentar