Sumbar Raih Penghargaan Peduli HAM dari Kemenkumham

Metro-20 hit 05-01-2021 11:46
Gubernur Irwan Prayitno saat menerima Penghargaan dari Kemenkumham, Senin (4/1). (Dok : Istimewa)
Gubernur Irwan Prayitno saat menerima Penghargaan dari Kemenkumham, Senin (4/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Pemerintah Provinsi ( Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) diawal tahun 2021 ini mengukir prestasi. Ada 11 kabupaten kota di Sumbar ini mendapat penghargaan Hak Asasi Manusia (HAM) dan empat daerah lainnya yang didapuk penghargaan kategori cukup peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Penganugerahan penghargaan HAM dan Pelayanan Publik Berbasis HAM, bagi kabupaten kota itu digelar di Auditorium Gubernuran Sumbar, Senin (4/1).

"Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan suatu keniscayaan, kebutuhan dan tuntutan, HAM juga cita-cita luhur diri kita, karena itu hak kita semua," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, saat acara penganugerahan penghargaan itu.

Baca Juga

Irwan menyampaikan penghargaan peduli HAM ini, merupakan kerja keras dari semua pihak, stakeholder terkait, yang ada di semua pemda di Sumbar.

Adapun 11 daerah yang mendapat penghargaan dari Kemenkumham untuk kategori HAM itu yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanahdatar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kota Padangpanjang, dan Kota Payakumbuh.

Sedangkan penghargaan untuk daerah kategori Peduli HAM adalah Kabupaten Padangpariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok Selatan dan Kota Solok.

Pada kesempatan tersebut, Irwan Prayitno juga ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kemenkumham atas penganugerahannya untuk Sumbar sebagai provinsi yang peduli HAM.

"Tentunya perjuangan HAM harus diwujudkan dalam bentuk nyata seperti Perwako, Perwagub, yang mencerminkan hak untuk berkumpul, berpolitik, berbudaya," kata Irwan.

Ke depan Irwan agar kabupaten kota di Sumbar untuk lebih meningkatkan aksi-aksi HAM sehingga bisa tetap terpelihara.

Pada kesempatan yang sama, Kepala kantor wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya mengatakan penghargaan yang diberikan Kemenkumham untuk Sumbar itu berkaitan dengan peringatan hari HAM sedunia ke-72 tahun.

"Penghargaan dan apresiasi kepada kqbupaten kota yang telah bekerja keras untuk meraih penghargaan peduli HAM tahun ini," kata Andika.

Selain penghargaan peduli HAM, sebut dia, Kemenkumham juga memberikan penghargaan pelayanan publik berbasis HAM kepada 24 Unit Pelayanan Teknik (UPT).

Adapun 24 UPT yang mendapat penghargaan pelayanan publik berbasis HAM adalah Lapas Kelas II/A Padang, Lapas Bukittinggi, Lapas Pariaman, Lapas Solok, Lapas Lubuk Basung, Lapas Muara Sijunjung, Lapas Payakumbuh, Lapas Perempuan Padang, Lapas Anak Tanjung Pati, Lapas Talu, Lapas Suliki, Lapas Alahan Panjang, Lapas Dharmasraya, Lapas Narkotika Sawahlunto.

Kemudian Rutan Padangpanjang, Rutan Maninjau, Rutan Painan, Rutan Padang, Rutan Batusangkar, Rutan Lubuk Sikaping, Rutan Sawahlunto, Imigrasi Padang, dan Imigrasi Agam. (*)

Komentar