Anggota Polres Pessel Pengguna Senpi Jalani Seleksi

Metro- 06-01-2021 22:22
Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo (Dok : Istimewa)
Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo (Dok : Istimewa)

Penulis: Snm

Painan, Arunala -- Polres Pesisir Selatan (Pessel) akan lakukan seleksi ketat secara menyeluruh bagi anggotanya yang menggunakan senjata api (senpi).

Hal ini berkaitan dengan pemberlakukan Peraturan Kapolri (Perkap) No.1 tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

"Untuk penggunaan senpi bagi personel Polri di Polres Pessel harus lebih selektif lagi sesuai yang ada di Perkap terjadinya No.1 tahun 2009. Dan ini bertujuan mengantisipasi penyalahgunaan senpi oleh Polisi, khususnya jajaran Polres Pessel," kata Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo kepada media, di Painan, Rabu (6/1).

"Jika Perkap ini dilanggar, segala risiko dan sanksi hukumnya menjadi tanggung jawab masing-masing anggota yang mengunakan senpi," ujar Sri Wibowo lagi.

Dia menerangkan, kalau dalam penggunaan senpi oleh anggota tidak berpedoman pada Perkap 1/2009, dikhawatirkan dapat membahayakan diri sendiri, keluarga, dan orang lain dalam melaksanakan tugas di lapangan.

"Makanya, saya perlu menyeleksi lagi secara ketat psikologis para anggota mana saja yang bisa gunakan senpi dalam bertugas, dan itu dilakukan secara berkala," imbuh Sri Wibowo.

Dalam penyeleksian nanti, Sri Wibowo meminta Kabag Sumda dan Kasi Propam untuk lakukan pemeriksaan senpi para anggota itu. Jika nantinya ada anggota belum tepat menggunakan senpi, akan dilakukan penarikan senpi tersebut.

Kemudian bagi anggota yang lolos dari seleksi penggunaan senpi itu, Sri Wibowo menekankan agar anggota ini bisa menggunakansenpi sesuai dengan kebutuhan tugas.

Komentar