Nurnas Dukung Penutupan GHAS Sekali Sebulan

Metro-151 hit 28-01-2021 21:40
Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar, Muhammad Nurnas. (Dok : Istimewa)
Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar, Muhammad Nurnas. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Langkah aparat kepolisian bersama Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar menutupan komplek olahraga di seputaran kawasan GOR Haji Agus Salim Padang, sekali dalam sebulan, selama 5 jam, mendapat respon positif dari Wakil Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar, Muhammad Nurnas.

"Kalau tujuan untuk menutup kawasan GOR Agus Salim sekali dalam sebulan itu menekan penyebaran Covid, terus terang saya mendukung," kata Nurnas.

Soalnya, sebut dia, potensi kerumunan massa di kawasan GOR H Agus Salim tidak hanya terjadi pada pagi hari, namun juga pada malam hari yang jumlahnya lebih banyak.

Apa lagi, sambung dia, di waktu hari libur, kerumunan orang akan lebih banyak, adanya berolahraga, ada yang berjualan dan lainnya. Itu memungkinkan bisa terjadinya penyebaran Covid.

Namun di sisi lain, Nurnas juga mengingatkan pengambil kebijakan di Sumbar untuk berlaku adil dalam upaya menekan penyebaran Covid baik di kawasan GOR Agus Salim itu maupun di kawasan lainnya.

Misalnya di fasilitas pedestrian (pejalan kaki) di kawasan Khatib Sulaiman Padang. Sebab dari pengamatannya, saat Satpol PP yang turun di malam hari ke kawasan itu, khususnya Satpol PP Padang hanya berdiam diri di satu tempat saja.

"Seharusnya yang dilakukan oleh pasukan penegak Perda itu adalah mendatangi satu per satu warga yang duduk di trotoar atau bangku-bangku yang tersedia di jalur pedestrian di kawasan Khatib Sulaiman itu, kemudian berikan informasi bahaya Covid dan melakukan razia penerapan protokol kesehatan (Prokes)," ungkap Nurnas.

Untuk diketahui, sebutnya, saat ini Sumbar sudah ada Perda Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru.

"Jadi, personel Sat Pol PP yang patroli di kawasan Khatib Sulaiman itu bisa juga melakukan sosialisasi dari Perda AKB itu kepada masyarakat," kata Nurnas.

Komentar